Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan diprediksi menguji level psikologis 7.200 pada perdagangan hari ini, Kamis 4 Juli. Phintraco Sekuritas dalam risetnya menyebut, IHSG hari ini diperkirakan bergerak pada rentang resistance 7.200, pivot 7.150, support 7.100.

Phintraco Sekuritas menjelaskan, volume perdagangan di Wall Street yang cenderung mute di Rabu 3 Juli, karena investor di Amerika Serikat (AS) cenderung menahan diri di hari terakhir jelang libur berpotensi membatasi penguatan IHSG.

“Faktor lain berasal dari indikasi teknikal yang menunjukan IHSG hari ini berada dalam kondisi overbought (Stochastic RSI),” tulis Phintraco Sekuritas.

Dari eksternal, Phintraco Sekuritas menyebut, terdapat pandangan bahwa the Fed berpeluang pangkas suku bunga acuan hingga 3 kali pada 2024. Pandangan tersebut didasari oleh statement terbaru Ketua the Fed Jerome Powell bahwa ekonomi AS Kembali ke jalur disinflasi pada Selasa 2 Juli.

“Selain itu, data terbaru dari sektor ketenagakerjaan AS diyakini memperkuat pandangan tersebut,” papar Phintraco Sekuritas.

Merespon hal di atas, Phintraco Sekuritas menyebut, nilai tukar Rupiah menguat ke Rp16.365 per dolar atau turun 0,15 persen pada Rabu sore. Penguatan IHSG juga diyakini dampak dari meredanya tekanan jual investor asing seiring pemulihan ekonomi eksternal yang tidak sebaik perkiraan. Indeks sektor jasa China, Jepang, Jerman dan Euro Area mengalami penurunan di Juni 2024.

Adapun Phintraco Sekuritas merekomendasikan lima saham yang bisa diperharikan untuk hari ini yaitu MYOR, ASSA, MTEL, SMBR dan AGRO.