Bagikan:

JAKARTA - PT PLN segera memasang infrastruktur untuk stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) untuk mobil dan sepeda motor listrik di Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah.

"SPKLU ini untuk mendukung upaya pemerintah pusat dalam penggunaan mobil listrik untuk melestarikan lingkungan," kata Penjabat Bupati Barito Utara Muhlis di Muara Teweh, dikutip dari Antara, Minggu 30 Juni.

Menurut dia, Pemkab Barito Utara siap mendukung PLN untuk SPKLU agar dapat memacu masyarakat untuk membeli kendaraan listrik guna menjaga kelestarian lingkungan di masa akan datang.

"Walaupun tidak mudah untuk beralih dari kebiasaan menggunakan kendaraan konvensional ke kendaraan listrik," katanya.

Manajer UP3 Kuala Kapuas Eka Wijayanto mengatakan pihaknya tahun ini memasang SPKLU untuk program mobil listrik di Barito Utara yang sesuai dengan amanah Presiden Joko Widodo.

"Saat ini kendaraan dinas di Barito Utara ada yang menggunakan mobil listrik, tentunya bisa menjadi contoh untuk kabupaten lain yang ada di wilayah Kalteng," kata dia

Dia mengatakan, pihaknya akan menyiapkan infrastruktur untuk mengisi batere mobil listrik dengan mudah tanpa perlu khawatir kehabisan daya saat sedang berpergian atau dalam perjalanan dinas.

Untuk pengisian kendaraan listrik, kata dia, di wilayah Kabupaten Barito Utara rencananya akan dipasang di halaman kantor Bupati Barito Utara.

"Pemasangan SPKLU ini akan dilakukan tahun ini atau pada semester dua," katanya.

Program PLN di Barito Utara tahun ini antara lain percepatan pembangunan tower PLN di Tumpung Laung, Kecamatan Montallat, memperkuat sistem kelistrikan di daerah ini, pembangunan SPKLU, listrik desa dan perjanjian kerja sama pajak penerangan jalan (PPJ).