Bagikan:

YOGYAKARTA – Profil PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk sudah dikenal sebagai salah satu pelopor industri perbankan dan jasa keuangan Tanah Air. Cikal bakal Bank Tabungan Negara (BTN) bahkan sudah ada sebelum kemerdekaan Indonesia.

Profil PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk

Sejarah BTN dimulai pada tahun 1897. Cikal bakal BTN adalah perusahaan perbankan yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda bernama Postspaarbank yang berlokasi di Batavia (Jakarta). Tujuan pendirian Postspaarbank adalah untuk mengenalkan pada masyarakat tentang lembaga perbankan, menumbuhkan kebiasaan menabung, dan sebagai upaya pengumpulan dana berbentuk tabungan.

Postspaarbank memang cukup berhasil menjalankan misinya. Sayangnya bank tersebut harus dibekukan seiring kedatangan Jepang di Indonesia. Pemerintah Jepang kemudian mengakuisisi Postspaarbank tahun 1942.

Sebagai gantinya, Jepang mendirikan Tyokin Kyoku untuk menggeser peran Postspaarbank. Tujuan yang dibawa Tyokin Kyoku serupa dengan Postspaarbank, sayangnya mereka mengalami kegagalan masyarakat Indonesia merasa mendapat paksaan.

Kedatangan Jepang di Indonesia tak bertahan lama. Di tahun Kemerdekaan RI, Tyokin Kyoku diambil alih oleh Pemerintah Indonesia dan menggantinya dengan nama Kantor Tabungan Pos (KTP). KTP juga punya peran besar dalam penukaran uang Jepang dengan mata uang pertama Indonesia “Oeang Republik Indonesia” (ORI).

Belum sempat sukses, Kantor Tabungan Pos terdampak Agresi Militer II yang terjadi pada tahun 1948. Banyak pekerjaan yang belum berhasil diselesaikan oleh bank tersebut. Satu tahun berselang, Pemerintah Indonesia melakukan perubaahan nama dari Kantor Tabungan Pos jadi Bank Tabungan Pos Republik Indonesia.

Tidak hanya melalui sejumlah perubahan nama, Pemerintah RI kala itu juga melakukan pengangkatan Darmosoetanto sebagai Direktur Bank Tabungan Pos. Pengangkatan tersebut menjadikan Darmosoetanto sebagai pribumi pertama yang terlibat dalam perbankan.

Perubahan nama dari Bank Tabungan Pos menjadi Bank Tabungan Negara (BTN) dilakukan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang No. 4 tahun 1963 (Lembaran Negara No. 62 tahun 1963 tanggal 22 Juni 1963).

Produk PT BTN

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perbankan dan keuangan, BTN memiliki produk dan layanan keuangan yang secara umum dikategorikan jadi dua yakni sebagai berikut, dilansir dari situs resmi BTN.

  • Produk Dana

Produk dana ini berupa penyimpanan dan pengelolaan dana nasabah. Produk dana BTN terdiri dari beberapa produk yakni sebagai berikut.

  1. Tabungan
  2. Deposito
  3. Giro
  • Produk Kredit

Produk ini berupa pinjaman kepada nasabah BTN untuk beragam keperluan mulai dari pembelian rumah, kendaraan, modal usaha, dan sebagainya. Produk ini terdiri dari beberapa program yakni sebagai berikut.

  1. Kredit Pemilikan Rumah (KPR)
  2. Kredit Konsumer
  3. Kredit Pembiayaan Lainnya

Itulah Profil PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. Untuk mendapatkan informasi menarik lainnya kunjungi VOI.id.