Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengaku telah bertemu dengan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi untuk membahas terkait peningkatan konektivitas di Tanah Air.

Pembahasan tersebut dimaksudkan untuk menarik lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Indonesia.

"Caranya untuk menarik wisman yang lebih banyak itu adalah menggunakan peningkatan konektivitas. Karena kalau dari segi top of mind, Indonesia ini masih sangat tinggi dan terutama Bali menjadi daya tarik utama," ujar Menparekraf Sandiaga dikutip Selasa, 25 Juni.

Pria yang akrab disapa Sandi ini menyebut, pemerintah perlu meningkatkan konektivitas, terlebih di tengah kondisi pelemahan rupiah terhadap dolar AS.

"Saya bicara sama Pak Menhub (Budi Karya) ada beberapa strategi untuk pariwisata Indonesia karena situasi ekonomi global seperti sekarang ini. (Indeks pariwisata) Indonesia ada di posisi 22, jauh mengalahkan negara-negara tetangga. Tapi, dari wisman yang masuk masih posisi ke-5, di bawah Thailand, Malaysia, Vietnam maupun Singapura," kata dia.

"Jadi, kami ingin balik ke top 3. Nah, ini tentunya bisa kami lakukan dengan menambah jumlah konektivitas," sambungnya.

Dia menambahkan, Menhub Budi Karya sudah menyampaikan beberapa terobosan, terutama penerbangan baru dari tiga hub utama yang menjadi long hanging route, yakni dari India, Australia sama ada permintaan dari Rusia.

Kemudian, kata Sandi, meningkatkan hub tambahan penebangan dari timur tengah. Ketiga hub utama itu adalah Dubai, Doha dan Istanbul.

Selanjutnya juga dari Asia Utara dengan hub utamanya itu adalah Tokyo, Seoul dan Hong Kong.

"Ini yang ingin kami kembangkan ke depan. Mudah-mudahan bisa dieksekusi dengan cepat. Saya ingin menyadarkan semua bahwa target 14,3 juta ini sebetulnya bisa kami capai dan jika kami buka konektivitas yang lebih tinggi, target di atas 14,3 juta ini sangat terbuka," tuturnya.

Sementara itu, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kemenparekraf Nia Niscaya mengatakan, moda transportasi udara memang menjadi favorit untuk wisman.

"Jadi, betul sekali kalau mas menteri dengan pak menhub untuk menambah konektivitas karena ini merupakan sarana utama yang dipilih atau dipakai oleh wisman," imbuhnya.