Bagikan:

JATENG - Wali Kota (Walkot) Solo Gibran Rakabuming Raka menyebutkan Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta menggandeng India sebagai mitra kerja sama ke depan.

Terkait hal itu, Gibran mengatakan kerja sama yang mungkin terjalin, yakni di sektor teknologi.

"Proposal Dubes India sudah saya bawa, ada AI atau kecerdasan buatan," katanya di Solo, Jawa Tengah, Minggu 23 Juni, disitat Antara.

Meski demikian, ia belum ingin menjelaskan lebih detail terkait kemungkinan kerja sama tersebut. "Beberapa kerja sama kami jajaki, detailnya nanti saja ya," imbuhnya.

Ia mengaku sudah mengirimkan tim ke India untuk mulai menjajaki kerja sama tersebut.

"Pak Prabowo juga sudah ber-statement. Ada beberapa tim kami yang sudah dikirim ke sana juga," tuturnya.

Sebelumnya, Gibran dengan Duta Besar (Dubes) India untuk Indonesia Sandeep Chakravorty menghadiri peringatan 75 tahun hubungan diplomasi Indonesia dan India di Halaman Balai Kota Surakarta, Sabtu 22 Juni malam.

"Acara ini sangat penting bagi kami karena kami merayakan 75 tahun diplomatik antara India dan Indonesia," tuturnya.

Ia mengatakan India merupakan negara yang paling awal mengakui kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia pada 2 September 1946.

Terkait peringatan tersebut, ia sengaja memilih Kota Solo sebagai tempat berlangsungnya acara peringatan hubungan Indonesia-India.

"Beberapa bulan lalu saya bertemu Pak Gibran untuk minta izin menyelenggarakan acara ini dan disetujui. Kami memilih Kota Solo karena Pak Gibran," katanya.

Sebagai rangkaian acara juga diselenggarakan 10th International Day of Yoga pada Minggu pagi di Komplek Keraton Surakarta Hadiningrat.

"Yoga untuk kesehatan kita untuk kesehatan komunitas kita. Mari kita merayakan yoga untuk masa depan kita," tandasnya.