Gibran Sambut Baik Penjajakan Kerja Sama dengan Pengusaha Korsel
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka/DOK Pemkot Solo

Bagikan:

SOLO - Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah, Gibran Rakabuming Raka menyambut baik upaya penjajakan kerja sama yang dilakukan pengusaha asal Korea Selatan ke Solo baru-baru ini.

"Kami sudah membicarakan banyak hal," katanya di Solo, Jawa Tengah dilansir ANTARA, Selasa, 25 Oktober.

Meski demikian, Gibran belum mau banyak membicarakan terkait hal itu karena belum ada rencana kerja sama yang akan dilakukan oleh pengusaha asal Korea Selatan, Hyundai Motor.

"Ya ditunggu saja, ngerti-ngerti jadi," katanya.

Disinggung mengenai kemungkinan kerja sama dengan pabrik mobil Esemka, Gibran juga tidak ingin membicarakan detailnya.

"Itu nanti biar nego sendiri, yang penting kami sudah bawa ke sana sama Pak Dubes (Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan)," katanya.

Termasuk, mengenai kerja sama pengadaan kendaraan listrik dengan Pemkot Surakarta, menurut dia, masih sebatas penjajakan.

Pada kesempatan tersebut Gibran bersama dengan Duta Besar Indonesia untuk Korea Selatan Gandi Sulistiyanto sempat membicarakan tentang rencana pameran yang akan dilakukan oleh Pemkot Surakarta di Korea Selatan.

"Tujuannya, memang itu, tapi masih rahasia. (Pelaksanaannya) bukan tahun ini, tapi tahun depan. Kalau awal tahun (2023) Paris, Parisnya yang ke sini, ke Solo," katanya.

Sebelumnya, Gandi mengatakan kedatangannya ke Solo bersama dengan CEO Hyundai Motor Asia Pacific Lee Young Tack dengan COO Hyundai Motor Asia Pacific Lee Kang Hyun untuk mencari kemungkinan kerja sama dengan daerah tersebut.

"Karena Hyundai berproduksi di Indonesia dengan mobil elektriknya sedang berusaha merangkul supplier ataupun kontraktor atau mitra dari seluruh Indonesia," katanya.

Dia berharap melalui pertemuan dengan Wali Kota Surakarta tersebut ada kemungkinan jalinan kerja sama dengan Kota Solo.

"Tadi, sudah dapat arahan dari Pak Wali sebaiknya apa-apa saja yang bisa dikolaborasikan," katanya.