Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bakal mewujudkan IKN sebagai walkable city atau kota ramah pejalan kaki.

Adapun salah satu cara untuk mewujudkan IKN sebagai walkable city yakni dengan menunjang kenyamanan bagi pesepeda dan pejalan kaki.

Dikutip dari unggahan di akun Instagram resmi @kemenpupr, Rabu, 19 Juni 2024, nantinya Jalan Sumbu Kebangsaan di IKN akan dilengkapi dengan jalur sepeda, pedestrian serta tiga baris tanaman sebagai peneduh.

Dalam unggahan video tersebut, tampak Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Hedy Rahadian sedang berada di Jalan Sumbu Kebangsaan IKN dan tengah menunjukkan upaya-upaya untuk mewujudkan Nusantara sebagai walkable city.

"Baris pertama itu adalah tanaman teduh pule dan flamboyan. Kemudian, baris kedua itu tanaman dengan corak warna tertentu, seperti bungur. Kemudian, yang ketiganya nanti kami akan pasang Ketapang kencana," ucapnya.

Hedy menambahkan, di baris pertama, pihaknya telah menanamkan pohon pule dan flamboyan.

Kemudian, di sebelah pohon-pohon tersebut nantinya ada jalur sepeda.

"Nanti itu di sebelahnya lagi sudah ada jalur pedestrian. Itu lebarnya 4 meter," kata Hedy.

Menurut Hedy, apabila nantinya pohon-pohon yang sudah ditanam tumbuh, nantinya akan jadi pohon peneduh di kawasan tersebut.

"Jadi, ini nanti kami bayangkan seperti dipayungi oleh pohon-pohon. Sehingga, cukup teduh," ucapnya.

Dia menilai, penanaman pohon-pohon tersebut diperlukan lantaran temperatur di IKN sendiri relatif panas. Mengingat, letaknya yang dekat dengan garis khatulistiwa.

"Nah, di sini nanti ada lokasi calon bus shelternya. Nanti kami akan coba bangun prototipenya dan ini beberapa tempat kami sediakan untuk orang duduk," imbuhnya.