Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada hari ini.

Jokowi mengatakan, pengerjaan bendungan tersebut telah dimulai sejak empat tahun silam dan rampung pada tahun ini.

"Alhamdulillah pada siang hari ini kami segera resmikan Bendungan Sepaku Semoi yang telah dimulai pengerjaannya tahun 2020 dan selesai di 2024," ujar Jokowi saat meresmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, seperti dipantau lewat YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 4 Juni.

Dia menambahkan, biaya untuk pembangunan bendungan itu mencapai Rp836 miliar.

Bendungan Sepaku Semoi memiliki daya tampung hingga 16 juta meter kubik air dengan luas genangan 322 hektare (ha).

Ke depan, kata Jokowi, bendungan tersebut akan menjadi sumber air baku bagi air minum di IKN dan sebagian besar untuk Kota Balikpapan.

"Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini saya resmikan Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur," imbuhnya.

Adapun Bendungan Sepaku Semoi masuk dalam pekerjaan infrastruktur Batch 1 di IKN, yang mana ini merupakan paket terkontrak sejak 2020-Maret 2023.

Bendungan Sepaku Semoi sendiri dapat menyuplai kebutuhan air baku sebesar 2.500 liter per detik, dengan rincian sebanyak 2.000 liter per detik untuk IKN Nusantara dan sisanya 500 liter per detik untuk Balikpapan.