Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengumumkan bahwa lokasi pembangunan infrastruktur Ibu Kota Nusantara (IKN) ditutup sementara dari pengunjung umum.

Penutupan dilakukan mengingat banyaknya pekerjaan fisik yang sedang berlangsung dan padatnya lalu lintas logistik untuk persiapan pelaksanaan perayaan Hari Kemerdekaan ke-79 RI tahun 2024.

"#SahabatPUPR yang berencana berkunjung ke lokasi pembangunan infrastruktur Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mohon bersabar, ya. Karena lokasi ditutup sementara dari kunjungan umum sampai pemberitahuan selanjutnya," demikian bunyi keterangan yang dikutip dari akun Instagram resmi @kemenpupr, Rabu, 29 Mei.

Adapun lokasi pekerjaan pembangunan infrastruktur IKN ditutup sementara mulai 27 Mei 2024 sampai pemberitahuan lebih lanjut.

Meski begitu, kunjungan kedinasan masih dapat dilakukan secara terbatas dengan mengacu pada beberapa syarat.

Syarat-syarat tersebut adalah mendapatkan izin tertulis Ketua Tim Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN, termasuk Kepala BPPW Kalimantan Timur serta Deputi Bidang Pengendalian dan Pembangunan OIKN. Kunjungan bisa dilakukan pada Kamis/Jumat.

Kemudian, jumlah tamu maksimal 10 orang, jumlah kendaraan maksimal dua unit serta senantiasa memperhatikan aspek keselamatan, kesehatan, keamanan, kebersihan dan kerapian.

Adapun Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melangsungkan pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-79 di IKN pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Perayaan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024 di IKN Nusantara, Kalimantan Timur, menjadi titik awal perpindahan ibu kota negara secara bertahap dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur.