Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah mengajukan sebanyak 292 pegawai dan pejabat Kemenkeu untuk pindah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) tahun ini. Salah satunya pejabat yang akan pindah yaitu Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenkeu.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Sekretaris Jenderal Kemenkeu Heru Pambudi dalam Konferensi Pers APBN Kita, menyampaikan bahwa dirinya dan tim sekretariat yang akan menjadi salah satu penghuni pionir IKN.

"Siapa yang akan berangkat duluan? Sekretaris Jenderal dan tim sekretariat yang akan berangkat duluan ke IKN," kata Heru saat konferensi pers APBN KiTa, Senin, Senin, 27 Mei.

Heru mengatakan, pihaknya terus berkoordinasi dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) terkait besaran kuota pegawai yang akan bertugas di IKN.

"Kalau total tahun ini kita telah mengajukan usulan kepada KemenPAN RB 292 pegawai maupun pejabat (Kemenkeu). Jumlah ini memang masih bergerak naik atau turun, tergantung dari ketersediaan sarana dan prasarana di sana (IKN)," ujarnya.

Heru menyampaikan, angka tersebut masih berkemungkinan akan bergerak naik atau turun tergantung pada ketersediaan sarana prasarana dalam rangka mendukung tugas menteri dan pimpinan lain.

Heru menyampaikan terkait rencana kepindahan akan terbagi dalam dua tahap yakni tahap pertama untuk kepindahan 198 pegawai-pejabat pada bulan September, dan tahap dua untuk kepindahan 94 pegawai-pejabat pada November 2024.

Heru menjelaskan untuk tahap pertama pada September sebanyak 198 pegawai-pejabat yang diusulkan pindah ke IKN terdiri dari pejabat setingkat eselon I sebanyak 17 orang, eselon II sebanyak 29 orang, dan setingkat pelaksana sampai eselon III sebanyak 152 orang.

Kemudian untuk tahap kedua pada bulan November, sebanyak 94 pegawai-pejabat terdiri dari pejabat setingkat eselon I sebanyak 4 orang, eselon II sebanyak 9 orang, dan setingkat pelaksana sampai eselon III sebanyak 81 orang.

Heru menambahkan bahwa jajaran tim Sekretariat Jenderal Kemenkeu akan menjadi yang pertama pindah ke IKN. "Kita juga selalu diberikan arahan dan juga koordinasi dengan KemenPAN RB, khususnya berkaitan dengan kuota," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani menyampaikan akan menemani Heru Pambudi untuk bekerja di IKN. Namun Ia tidak menjelaskan secara pasti, apakah akan ikut pindah ke IKN atau tidak.

“Pasti kita temani, kita serius. Nanti kita lihat kanwil di sana,” ungkap Sri Mulyani.