Rincian Tarif Tol Bandung-Semarang 2021 Beserta Rest Area Tol Trans Jawa yang Dilewati
Ilustrasi Jalan Tol (Foto: https://www.jasamarga.com/)

Bagikan:

JAKARTA – Apakah Anda orang yang selalu bepergian ke luar kota dan kebetulan akan menggunakan fasilitas jalan tol menuju Semarang? Kebetulan artikel kali ini akan membahas tarif tol Bandung Semarang terbaru tahun 2021 ini.

Perlu diketahui jarak dari Bandung menuju Semarang adalah 309 km, namun jarak tersebut hanya dihitung lurus sebagaimana kita menarik garis di peta.

Untuk jarak sesungguhnya (dengan mempertimbangkan kondisi dan kontur jalanan) jarak dari Bandung ke Semarang adalah 354,53 km.

Apabila Anda naik kereta api dari Bandung menuju Semarang diperkirakan waktu yang dihabiskan adalah 4,4 jam atau sekitar 264 menit. Lantas jika menggunakan jalan tol?

Tarif Tol Bandung Semarang dan Lama Waktu Perjalanannya

Perlu diketahui, selain jalan tol untuk menuju Kota Semarang dari Bandung Anda dapat menggunakan jalur Pantura, namun membutuhkan waktu yang relatif lebih lama.

Ketika Anda melakukan perjalanan darat dari Bandung menuju Semarang menggunakan Jalur Pantura, akan dijumpai banyak truk-truk yang membuat Anda harus sabar mengantre.

Hampir sama ketika Anda naik kereta api, lama perjalanan darat menggunakan jalan tol dari Bandung menuju Semarang adalah sekitar 4 hingga 5 jam. Lama waktu tersebut tergantung kecepatan mobil yang Anda pacu.

Meskipun jalan tol bebas hambatan, namun tetap ingat ya untuk menjaga laju mobil Anda dalam batas wajar kecepatan yang sesuai yang dengan rambu di jalan tol.

Pembangunan jalan tol di masa pemerintahan Joko Widodo memang sedang gencar-gencarnya dilakukan. Jalan tol dari Bandung menuju Semarang adalah salah satu alternatif menarik yang memangkas waktu perjalanan Anda. Apa saja rutenya?

Rute Tol Bandung Semarang

Untuk menuju Semarang dari Bandung melalui jalan tol, Anda akan melewati beberapa jalan tol di antaranya Tol Bandung Padalarang–Cikampek, Tol Cikopo–Palimanan, dan Tol Batang–Semarang.

Tarif Tol Bandung Semarang Menggunakan Mobil Pribadi (Golongan 1)

Tarif Tol Trans Jawa (Foto- Instagram Jasa Marga)

Sebagaimana info yang dilansir dari akun Instagram PT Jasa Marga, Anda akan dikenakan beberapa kali tarif masuk gerbang jalan tol menuju Semarang. Pertama kali, jika Anda masuk dari Gerbang Tol Cikopo menuju Palimanan Anda akan dikenakan tarif tol Rp107.500, selanjutnya berikut rincian tarif yang harus Anda bayar.

-       Palimanan—Kanci: Rp12.000

-       Kanci—Pejangan : Rp29.000

-       Pejagan—Pemalang: Rp57.500

-       Pemalang—Batang: Rp39.000

-       Batang—Semarang: Rp75.000

Jika Anda menggunakan rute tol dari Bandung menuju Semarang seperti jalur di atas, maka total biaya yang Anda keluarkan adalah Rp320 ribu.

Daftar Rest Area Tol Trans Jawa Rute Bandung—Semarang

1.     Rest Area Kanci Pejangan

Diperkirakan setelah melewati jalur Palimanan—Kanci, Anda akan membutuhkan ke kamar kecil atau sekadang istirahat dan merokok, jadi Anda dapat berhenti di Rest Area KM 228 A-Tol Kanci–Pejagan.

Rest Area Kanci Pejangan terletak di Jatirenggang, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Cirebon buka selama 24 jam.

2.      Rest Area Pejagan Pemalang

Rest Area Pejagan Pemalang (Foto Gmaps/Yuza)

Rest Area Pejagan Pemalang berada di area persawahan atau perkebunan di  Harjasari, Kecamatan Suradadi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Tempat istirahat ini buka 24 jam dan memiliki tempat yang relatif bersih dan cocok untuk keluarga.

3.     Rest Area KM 360B

Rest Area KM 360B terletak di Jalan Tol Semarang menuju Batang tepatnya di Nomor Kilometer 360.

Rest area ini terletak di area perkebunan atau hutan Gondang, Kecamatan Subah, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Pemandangan Rest Area KM 360B (Foto- GMaps)

Rest Area KM 360B memiliki pemandangan yang masih asri dan menakjubkan, jadi jangan lupa siapkan kamera jika istirahat di tempat ini.

Selain tarif tol Bandung Semarang, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!