Rest Area Terbaik Sepanjang Tol Trans Jawa yang Patut Disinggahi saat Mudik
Rest Area 456 Jawa Tengah (Jatengprov.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Bagi masyarakat yang berencana melintasi jalan Tol Trans Jawa sebagai jalur perjalanan mudik, alangkah baiknya mampir di beberapa rest area. Pasalnya, ada banyak rest area terbaik sepanjang Tol Trans Jawa dan terkenal karena tempat wisatanya.

Tidak hanya akan disuguhi pemandangan indah, rest area yang tersebar di Tol Trans Jawa juga menyuguhkan wisata lain seperti kuliner hingga spot foto. Bahkan rest area ini sering dikunjungi oleh pelaku perjalanan untuk melepas lelah.

Rest Area Terbaik Sepanjang Tol Trans Jawa

Setidaknya ada lima rest area yang layak untuk dikunjungi saat Anda melintas di Tol Trans Jawa. Rest area tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Rest Area KM 260B atau Tol Pejagan-Pemalang

Rest Area KM 260B atau tol Pejagan hingga Pemalang ternyata menyimpan rest area yang cukup unik. Pasalnya di tempat ini ada bangunan peninggalan Belanda pabrik gula Banjaratman. Bangunan unik ini beraksen batu bata kuno sehingga terkesan vintage.

Wisata di Rest Area KM 260B berupa spot foto, wisata sejarah pabrik gula, permainan, hingga wahana permainan seluncur warna-warni atau lebih dikenal dengan Srodotan Donat.

  1. Rest Area 360 atau Tol Semarang-Batang

Rest area 360 dikelola oleh Marga Rest Area Batang (JRB). Rest area ini cukup luas dengan area kurang lebih 7,4 hektare. Di tempat ini ada beragam fasilitas menarik dan unik seperti mini zoo, lapangan futsal, voli, hingga taman rindang. Pengguna jalan bisa singgah di rest area ini untuk sekadar beristirahat.

  1. Rest Area KM 429 atau Tol Semarang-Solo

Pengguna jalan tol bisa mampir ke rest area KM 429 rute Semarang-Solo. Di tempat ini Anda akan disuguhkan indahnya pemandangan Gunung Ungaran yang bisa dilihat secara jelas. Selain itu wisata di Rest Area KM 429 yang bisa dinikmati berupa masjid megah dengan kubah besar berwarna merah corak emas. Masyarakat bisa memanfaatkan beristirahat di rest area ini untuk menikmati pemandangan atau mengambil foto untuk diunggah di media sosial.

  1. Rest Area KM 456 atau Tol Semarang-Solo

Tak jauh dari rest area KM 429, masyarakat bisa berhenti lagi di Rest Area KM 456. Rest area di tempat ini cukup unik karena memiliki pendopo dengan Sky bridge yang menghubungkan bangunan rest area dengan jalan tol.

Tempat wisata di Rest Area KM 456 bisa berupa spot foto, pemandangan sawah, pemandangan Gunung Merbabu yang makin indah saat cuaca cerah. Selain itu ada pula bagunan unik yang bisa digunakan sebagai latar belakang foto.

  1. Rest Area Bale Nglaras Boyolali KM 487 atau Tol Semarang-Solo

Rest Area Bale Nglaras KM 487 adalah salah satu tempat istirahat yang ada di jalur tol Semarang-Solo. Tempat ini kerap disinggahi oleh pengguna jalan karena tempanya nyaman. Wisata di Rest Area Bale Nglaras KM 487 berupa pemandangan dengan udara sejuk dan pemandangan asri.

Selain itu rest area Bale Nglaras punya beberapa fasilitas spesial salah satunya adalah adanya rooftop yang memungkinkan pengunjung melihat pemandangan kota Boyolali. Rest area ini juga cukup luas dengan tempat parkir yang lebar sehingga mudah untuk memarkirkan kendaraan.

Namun patut dicatat bahwa tempat ini tak menyediakan SPBU, namun pengguna jalan bisa menikmati wisata kuliner sambil menikmati suasana kota Boyolali.

Selain terkait rest area terbaik sepanjang Tol Trans Jawa, kunjungi VOI.ID untuk informasi menarik lainnya.