Menteri PUPR Basuki Hadimuljono Sebut 134 Rest Area Siap Beroperasi saat Mudik Lebaran 2024
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyebut, ada sebanyak 134 unit tempat istirahat dan pelayanan (TIP) alias rest area yang siap beroperasi untuk melayani para pemudik selama arus mudik dan balik Lebaran 2024.

"Terdapat 134 rest area yang tersebar juga di seluruh jalan tol (Indonesia)," ujar Basuki dalam Raker Persiapan Mudik 2024 bersama Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April.

Berdasarkan data yang dipaparkan Basuki, jumlah tersebut merupakan yang termutakhir per Februari 2024. Rest area ini terbagi ke 4 titik utama di ruas tol, mulai dari Tol Trans Jawa hingga Tol Sumatera.

Untuk di Pulau Jawa sendiri, ada 70 unit rest area yang siap beroperasi. Ini terbagi ke dalam 41 rest area tipe A, 27 tipe B dan 2 rest area tipe C.

Lalu, di Tol Jabodetabek dan Non Trans Jawa sebanyak 22 unit rest area siap beroperasi. Rinciannya, 18 unit rest area tipe A, 2 unit tipe B serta 2 lainnya dengan kategori C.

Berikutnya, di Tol Trans Sumatera ada 38 unit rest area yang siap mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2024 ini. Sebanyak 22 tempat istirahat bertipe A, 7 unit rest area tipe B dan 9 lainnya merupakan tipe C.

Kemudian, di Tol Kalimantan dan Sulawesi sebanyak 4 unit rest area siap digunakan oleh para pemudik. Masing-masing merupakan 2 rest area tipe A dan C.

"Total panjang jalan tol 3.020 km. Semuanya terdiri dari jalan tol operasional sepanjang 2.843 km, baik di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi," katanya.

"Tahun ini, insyaallah akan ada jalan tol yang dapat dilalui secara fungsional. Sudah rigid pavement semua, dapat difungsikan pada H-7 atau 4 April (2024) sampai dengan H+7 atau 16 April," tambahnya.

Selain jalan tol, Basuki menegaskan pihaknya juga memastikan kesiapan jalan nasional sepanjang 47.600 km untuk mudik Lebaran 2024. "Dengan (kondisi) kemantapan 94,2 persen," imbuhnya.