Bagikan:

JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) melalui anak usahanya yakni Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) memprediksi akan terjadi peningkatan volume kendaraan di ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) pada pekan ini.

Direktur Utama PT Jasamarga Kualanamu Tol (JMKT) Thomas Dwiatmanto mengatakan, peningkatan lalu lintas (lalin) itu terjadi seiring dengan adanya hari libur nasional peringatan Kenaikan Yesus Kristus yang jatuh pada esok Kamis, 9 Mei 2024.

"Diprediksi 70.534 kendaraan akan melintas mulai dari 8 sampai dengan 12 Mei 2024. Angka tersebut meningkat 5,33 persen dibanding volume lalin normal tahun 2024, yaitu 66.963 kendaraan," ujar Thomas dalam keterangan tertulis yang diterima VOI, Rabu, 8 Mei.

Thomas memprediksi, puncak arus libur di ruas Tol MKTT akan terjadi pada esok hari, 9 Mei 2024.

"Jumlah volume lalin diperkirakan mencapai 14.062 kendaraan atau meningkat 10,02 persen dari volume lalin normal tahun 2024, yaitu 12.781 kendaraan," katanya.

Dia menambahkan, pihaknya bersama dengan PT Jasamarga Related Business (JMRB) selaku service provider pengelola Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) memastikan kesiapan operasional TIP KM 65 B arah Medan dan TIP KM 65 A arah Tebing Tinggi pada ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi.

"Selain menyiagakan pelayanan TIP, JMKT juga memastikan kesiapan operasional untuk layanan transaksi dengan mengoptimalkan gardu operasi," ucap dia.

Sementara untuk kesiapan layanan lalin dilakukan dengan menyiagakan 1 armada rescue, 2 armada ambulans, 5 armada derek, 3 armada Patroli Jalan Raya (PJR), 5 armada Mobile Customer Services (MCS), 184 unit Closed Circuit Television (CCTV), 14 unit smart CCTV dan 11 unit Dynamic Message Sign (DMS).

"JMKT mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, memastikan kelayakan kendaraan dan kecukupan Bahan Bakar Minyak (BBM) sebelum memasuki jalan tol. Jika lelah berkendara, segera beristirahat di TIP terdekat," imbuhnya.

Informasi lalu lintas jalan tol Jasa Marga Group dapat di akses melalui One CallCenter 24 jam di nomor 14080, aplikasi Travoy 4.1 untuk pengguna iOS dan Android serta media sosial Instagram perusahaan (@official.jmkt).