Cegah Penyelewengan, Pemkot Batam Keluarkan Kartu Khusus Pembelian Pertalite
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah Kota Batam mengeluarkan kartu khusus yang digunakan untuk pembelian BBM bersubsidi jenis Pertalite, Fuel Card 5.0 Pertalite.

Area Manager Communication, Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Susanto August Satria menjelaskan, program Fuel Card 5.0 merupakan program inisiatif dari Pemkot Batam.

"Pertamina mendukung program tersebut selaku operator dalam menyalurkan BBM," ujarnya saat dihubungi VOI, Senin 29 April.

Dikatakan Susanto, program tersebut bagi Pertamina berdampak positif karena dalam mencegah tindak penyelewengan Jenis BBM Khusus penugasan (JBKP) Pertalite yang disubsidi oleh pemerintah.

"Kedua program ini juga berdampak positif dalam upaya menyalurkan BBM Pertalite tepat sasaran," lanjut dia.

Susanto juga menjelaskan, Program Fuel Card 5.0 Pertalite ini nantinya dapat disandingkan bersinergi dengan Program Subsidi Tepat Pertamina yang telah diluncurkan sebelumnya.

"Sebelumnya kami punya pengalaman sinergitas Program Subsisi Tepat Biosolar yang disandingkan dengan Fuel Card Pembelian Biosolar Subsidi di Kota Batam," sambung Susanto.

Susanto juga kembali menegaskan jika program ini merupakan program pemda Kota Batam melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan. Dengan kartu ini nantinya pembeli hanya cukup melakukan tapping seperti halnya kartu uang elektronik.

"Nanti pembelinya di SPBU dengan cara tapping," pungkas dia.