Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan akan memfungsikan sementara 3 ruas tol di pulau Jawa dan 4 di Sumatera guna mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas Lebaran 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pihaknya akan memfungsikan sementara 3 ruas jalan tol baru di Pulau Jawa sepanjang 50,45 kilometer (km) untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas mudik.

Ruasnya meliputi Tol Cikampek II Selatan ruas Kutanegara-Sadang (8,50 km), Tol Solo-Yogyakarta segmen Colomadu-Klaten (22,3 km) dan Tol Cimanggis-Cibitung Seksi 2B Cikeas-Cibitung (19,65 km).

"Ini sudah jadi sebetulnya, tinggal menunggu peresmian saja," ujar Basuki dalam Raker Persiapan Mudik 2024 bersama Komisi V DPR RI di Gedung Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa, 2 April.

Di samping itu, terdapat juga beberapa penambahan jalan tol yang sudah beroperasi pada 2023 lalu, seperti Tol Cinere-Jagorawi Seksi 3A dan 3B, Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Seksi 2A dan 2 ujung Jakasampurna-Marga Jaya, Tol Cimanggis-Cibitung, Tol Serpong-Cinere serta Tol Cibitung-Cilincing.

Kemudian, ada Tol Pasuruan-Probolinggo untuk Seksi Probolinggo Timur sampai Gending, Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dan Tol Semarang-Demak Seksi 2 Sayung-Demak.

"Ini tambahan (jalan tol) yang operasional pada tahun 2023," kata Basuki.

Tak hanya di pulau Jawa, Basuki mengatakan pihaknya juga akan memfungsikan sementara 4 ruas tol di pulau Sumatera.

Keempat ruas itu adalah Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat Seksi 2 Kuala Tanjung-Indrapura dan Seksi 3-4 Tebing Tinggi-Sinaksak (56,62 km), Tol Bangkinang-Koto Kampar (24,7 km), Tol Indrapura-Kisaran Seksi 2 Limapuluh-Kisaran (32,15 km) dan Tol Kayuagung-Palembang-Betung sebagian Seksi 3 Musi Landas-Desa Sukamulya (21,2 km).

"Potensi untuk jalan tol fungsional bisa dimanfaatkan untuk mudik sepanjang 134 km," ucapnya.

Sementara itu, ada pula beberapa penambahan jalan tol yang sudah beroperasi pada 2023 lalu di Pulau Sumatera, di antaranya Tol Sigli-Banda Aceh (12,7 km), Tol Binjai-Langsa (26,6 km), Tol Simpang-Indralaya-Muara Enim (63,5 km), Tol Indrapura-Kisaran (15,2 km) serta Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (26,3 km).

Dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan arus lalu lintas Lebaran 2024, Kementerian PUPR memastikan kesiapan infrastruktur jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.835 km dan jaringan jalan nasional sepanjang 47.602 km dengan tingkat kemantapan 94,2 persen.