Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Jalan Tol Indonesia (ATI) menjamin bahwa kondisi jalan tol bebas lubang dan siap dilintasi oleh pengguna pada momentum mudik Lebaran 2024.

"Kondisi jalan tol dipastikan baik, terbebaskan dari kerusakan, lubang dan berbagai pekerjaan perbaikan, memiliki perambuan lengkap serta marka jalan yang terlihat jelas. Sehingga, memungkinkan dilalui dengan baik," ujar Ketua ATI Subakti Syukur dalam keterangan resminya, Selasa, 2 April.

Adapun seluruh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) telah mengkonfirmasi untuk menyiagakan unit tambahan peralatan transaksi tol, derek, ambulans, kendaraan patroli dan tim keselamatan (rescue), kamera pantau hingga traffic management system.

"Hal sama untuk kesiapan petugas layanan yang akan tersebar membantu melayani para pengguna jalan tol," katanya.

Hingga saat ini, ada 1.782 kilometer (km) jalan tol yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi mantap dan siap melayani pergerakan masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran.

"Kami memastikan beberapa pekerjaan pemeliharaan di ruas-ruas tertentu, penambahan prasarana pendukung, telah siap sebelum periode arus mudik Lebaran berjalan. Semua BUJT anggota ATI siap melayani masyarakat pengguna jalan tol di seluruh Indonesia," katanya.

Mendukung rekayasa lalu lintas di beberapa area, ATI juga menyiapkan beberapa ruas tol fungsional. Subakti menyebut, ruas-ruas yang fungsional tersebut akan dioperasikan berdasarkan arahan Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Polri.

"Mohon para pengguna berhati-hati dan mengikuti petunjuk dari petugas lapangan," imbuhnya.