Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama jajarannya mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Gedung Anutapura Medical Centre (AMC) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Anutapura di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengatakan, untuk rekonstruksi RSUD Anutapura dilaksanakan dengan dana loan IRSL dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

"(Pekerjaan konstruksi) mengadopsi teknologi dari Jepang melalui kerja sama dengan JICA yang dikerjakan kontraktor PT Adhi Karya," ujar Diana dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 26 Maret.

Sementara itu, Direktur RSUD Anutapura Maria Rosa Da Lima Rupa mengatakan, setelah perbaikan dan mulai digunakan pada September 2023 lalu sangat membantu masyarakat yang melakukan berobat jalan dan rawat inap.

"Apabila dibandingkan dengan gedung sebelumnya ini jauh lebih baik, apalagi ditambah dengan teknologi tahan gempa. Sehingga, kami pelayan kesehatan merasa lebih aman. Kami dari masyarakat dan Pemerintah Kota Palu sangat berterima kasih kepada Kementerian PUPR dan JICA yang telah membantu perbaikan gedung RSUD ini," kata dia.

Adapun konstruksi Gedung Anutapura Medical Centre (AMC) RSUD Anutapura sendiri dilaksanakan pada 2021 sampai 2024 ini.

Diketahui, konstruksi gedung seluas 19.000 meter persegi itu menelan anggaran sebesar Rp244 miliar, yang dilengkapi dengan IGD, Kebidanan, Poliklinik, Radiologi, Lab, Ruang Rawat Inap dan Instalasi Bedah Sentral.