Bagikan:

JAKARTA - Banten adalah salah satu provinsi yang sering dikunjungi masyarakat Jabodetabek untuk berwisata. Salah satu objek wisata yang terkenal di wilayah tersebut adalah Pantai Tanjung Lesung.

Dulu, estimasi waktu perjalanan dari wilayah Jakarta menuju pantai itu membutuhkan waktu hingga 5 jam. Namun kini, persoalan itu sudah diatasi dengan dibangunnya Jalan Tol Serang-Panimbang.

Mengutip laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Tol Serang-Panimbang membuat perjalanan menuju Pantai Tanjung Lesung menjadi sekitar 2-3 jam saja.

Jalan Tol Serang-Panimbang sendiri memiliki total panjang 83,67 kilometer (km) dan merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang saat ini sedang dalam tahap penyelesaian konstruksi.

"Diharapkan konektivitas jalan tol ini dapat memberikan pertumbuhan perekonomian masyarakat, baik dari sektor industri serta memperlancar konektivitas kawasan pariwisata di Provinsi Banten," demikian bunyi keterangan BPJT, dikutip Jumat, 22 Maret.

Selain itu, kehadiran Tol Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi di wilayah Banten Tengah dengan Banten Selatan yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta.

Untuk diketahui, Tol Serang-Panimbang terdiri dari tiga seksi. Pertama, Seksi 1 Serang-Rangkasbitung sepanjang 26,5 km yang telah beroperasi sejak 2021 lalu.

Kedua, Seksi 2 Rangkasbitung-Cileles sepanjang 24,17 km dengan progres konstruksi telah mencapai 55,83 persen.

Ketiga, Seksi 3A Cileles-Bojong sepanjang 17,46 km dengan progres konstruksi telah mencapai 68,19 persen, dan Seksi 3B Bojong-Panimbang sepanjang 15,54 km belum dimulai konstruksinya.

Adapun Seksi 2 dan 3A menghubungkan Rangkasbitung-Cileles-Bojong ditargetkan selesai konstruksi pada 2024 ini.

Selain itu, BPJT menyebut Tol Serang Panimbang memiliki Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) Tipe A dan Tipe B di KM 70, tepatnya berada di Seksi 1 Serang-Rangkasbitung.