Bagikan:

JAKARTA - Anggota holding Danareksa, PT Kliring Berjangka Indonesia (PT KBI) berhasil menunjukkan pertumbuhan yang positif. Hal ini terlihat dari laba bersih yang berhasil diperoleh sebesar Rp60,7 miliar pada tahun buku 2023.

Direktur Utama PT KBI, Budi Susanto mengatakan bahwa capain tersebut didapat berkat strategi bisnis yang konsisten untuk fokus pada pertumbuhan bisnis berbasis ekosistem serta didukung dengan strategi digitalisasi.

Lebih lanjut, Budi bilang laba bersih KBI ini terdorong oleh pendapatan operasional sebesar Rp149,5 miliar dan EBITDA Rp90,14 miliar.

“Upaya PT KBI dalam menyambut masa pemulihan ini adalah semakin giat beradaptasi pada kebutuhan ekosistem Perdagangan Berjangka Komoditi,” ujar Budi, di Jakarta, Kamis, 21 Maret.

Budi bilang jika dilihat dari lini usaha sebagai Lembaga Kliring, kineria PT KBI berbanding lurus dengan pencapaian di beberapa lini bisnis sepanjang tahun 2023.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan bolume transaksi di Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) yang dikliringkan di PT KBI untuk kontrak berjangka dan derivatif mencapai angka 7,8 juta lot.

“Terkait Pasar Lelang Komoditas Timah Murni Batangan, transaksi Timah yang dikliringkan tercatat sebanyak 48.400 ton dengan nilai transaksi mencapai lebih dari Rp19,6 triliun,” jelasnya.

Dari total transaksi tersebut, lanjut Budi, di pasar lelang komoditas timah dalam negeri mencapai 2.154 ton dengan nilai Rp1,5 triliun sedangkan transaksi timah untuk ekspor mencapai 46.200 ton dengan nilai 1,1 miliar dolar AS.

Budi juga bilang tercatat bahwa pemanfaatan resi gudang mencapai 483 resi gudang yang diregistrasi dengan volume 61.500 ton senilai Rp971,9 miliar serta pembiayaan sebesar Rp626,7 miliar.

“Angka ini melebihi target tahun 2023 yang telah ditetapkan melalui RUPS,” tuturnya.

Dalam meningkatkan user interface dan experience dari pencatatan resi gudang, sambung Budi, PT KBI melakukan pembaharuan fitur pada sistem IS-Ware Next Gen untuk mendukung tugas utama sebagai pusat registrasi resi gudang di seluruh Indonesia.

Budi bilang PT KBI juga meluncurkan situs web terbaru untuk menginformasikan perkembangan pasar berjangka kepada para pemangku kepentingan dan masyarakat umum sebagai wadah yang mengakomodasi keterbukaan dan transparansi informasi.

“Pencapaian atas kinerja yang positif di tahun 2023 in menjadi motivasi bagi PT KBI untuk terus meningkatkan layanan dan berbagai inovasi bisnis,” tuturnya.

Di tahun 2024 ini, Budi juga bilan salah satu inisiasi bisnis baru yang akan dilakukan yaitu uji coba di Pasar Lelang Komoditas untuk komoditas teh yang ditargetkan pada semester 1 tahun 2024.

Pada tahun yang sama juga berbagai inovasi bisnis baru juga tengah dalam persiapan, seperti pengembangan produk PAL dan Multilateral bersama BBJ.

“Sejalan dengan pergerakan ekonomi yang lebih baik seta berjalannya berbagai inisiasi bisnis yang ada, kami optimistis tahun 2024 kinerja PT KBI akan terus meningkat dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” tutup Budi