Danamon dan Sunyi Academy Berikan Sertifikat Kompetensi Barista kepada 40 Kawan Difabel
Foto: Dok. Danamon

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) melalui D-Bank PRO #SelaluMenggoda bersama program Corporate Social Responsibility (CSR) Danamon Peduli telah menyelesaikan program CSR Berbagi Dalam Sunyi hasil kerja sama dengan Sunyi Coffee dan Sunyi Academy yang diselenggarakan dari Oktober 2023 hingga Februari 2024.

Bertujuan untuk membangun kemandirian kawan-kawan difabel agar mampu menyongsong masa depan yang lebih baik, program ini terdiri dari beberapa elemen, yaitu donasi, pelatihan finansial dan keterampilan, serta magang bersertifikat.

Acara penutupan dan penganugerahan sertifikat tanda selesai mengikuti program workshop dan magang ini dihadiri oleh 40 peserta kawan difabel, yang berhasil terpilih dari lebih dari 300 pendaftar.

Selama empat bulan, para peserta mengikuti rangkaian pelatihan yang dijalankan oleh Sunyi Academy, sebuah yayasan yang bergerak di bidang pembinaan ketenagakerjaan industri kuliner untuk kawan difabel, dengan fokus pada tiga topik berkelanjutan, yaitu Pengenalan Menjadi Seorang Barista; Literasi Finansial; dan Pengenalan tentang Kopi.

Sebagai sebuah program CSR, Berbagi Dalam Sunyi diawali dengan program donasi yang berlangsung dari Oktober sampai November 2023, di mana pada beberapa cabang Danamon seperti Pondok Indah Mall 2, Kelapa Gading 1, Matraman, Usman Harun, dan Kebon Jeruk Intercon, nasabah dapat membeli dan menikmati kopi dari booth Sunyi Coffee seharga Rp1 (satu Rupiah) dengan menggunakan QRIS D-Bank PRO. Melalui pembelian tersebut, nasabah otomatis berdonasi sebesar Rp30.000 (tiga puluh ribu Rupiah) bagi kawan-kawan difabel yang membutuhkan.

Selama masa donasi, Danamon bersama Sunyi Coffee berhasil menjual lebih dari 3.000 gelas, dan hasil penjualan tersebut telah didonasikan kepada Sunyi Academy untuk mendukung kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan workshop bagi kawan-kawan difabel.

Sementara itu sesi Pelatihan Kelas Barista dan Magang bagi kawan difabel berlangsung sejak Oktober 2023 hingga Februari 2024 di tiga tempat yakni Kelapa Gading 1, Kebun Jeruk Intercon, dan Bekasi Juanda. Adapun batch terakhir atau keempat diadakan pada tanggal 26 Februari 2024 di Menara Bank Danamon tepat sebelum acara penutupan diadakan.

Dengan mengikuti Program Magang bersama Kopi Sunyi, diharapkan para peserta dapat langsung mengimplementasikan berbagai materi yang sudah dipelajari selama mengikuti workshop. Usai menjalani program magang, para peserta mendapatkan sertifikat layak kerja yang diharapkan dapat membantu kawan difabel mendapatkan pekerjaan yang layak di masa depan.

Sementara itu dengan dukungan Danamon, kegiatan pelatihan Literasi Finansial yang diberikan kepada para peserta mencakup perencanaan keuangan, pengelolaan keuangan, produk keuangan, dan menjadi bijak dalam penggunaan keuangan. Pembekalan materi Literasi Finansial ini diharapkan akan berguna dan menjadi bekal bagi para peserta kawan difabel dalam membangun masa depan yang lebih baik dan mandiri secara finansial.

"Danamon bangga mengumumkan bahwa kolaborasi kami dengan Sunyi Academy telah berjalan dengan lancar dan sukses, dengan jumlah transaksi lebih dari 3.200 dalam waktu dua bulan periode kegiatan donasi promosi Rp1 dengan QRIS D-Bank PRO. Kami juga mengucapkan selamat kepada kawan-kawan difabel yang telah menyelesaikan seluruh rangkaian program dengan baik. Kami berharap, ilmu yang mereka dapatkan akan berguna bagi mereka sebagai bekal menjadi Barista handal yang cerdas --bukan hanya ahli mengolah kopi, tapi juga cerdas secara finansial-- sehingga mereka bisa menyongsong masa depan yang lebih baik dan bisa menjadi mandiri secara finansial. Hal ini sejalan visi Danamon untuk Peduli dan Membantu Jutaan Orang Mencapai Kesejahteraan," jelas Abdul Hadi, Sustainability Finance Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk.

"Saya mewakili teman-teman peserta yang lain ingin mengucapkan terima kasih untuk Danamon, dan juga Sunyi, karena kami selama sebulan lebih mendapatkan pengalaman untuk mengasah diri menjadi seorang barista yang profesional, setara dengan barista lainnya. Saya berharap ke depannya, semakin banyak program-program seperti ini, sehingga kesempatan untuk pemberdayaan teman-teman difabel yang lain juga sama seperti yang kami dapatkan di sini," imbuh Daniel Darma Putra, salah satu peserta di program Berbagi Dalam Sunyi.

Perwakilan dari Sunyi Coffee menyambut baik kerja sama yang telah dilaksanakan dengan Danamon dan berharap kegiatan serupa untuk membantu kawan-kawan difabel memperoleh masa depan yang lebih baik dapat terus berlanjut.

"Kami sangat berterima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Danamon sehingga program yang diadakan oleh Sunyi Academy dan Sunyi Coffee dapat berjalan dengan lancar. Terima kasih sudah memberikan kesempatan sehingga teman-teman peserta memiliki talenta sebagai Barista seperti sekarang. Saya juga senang karena mereka mendapatkan pelatihan tentang finansial, sehingga mereka bisa lebih waspada terhadap jebakan pinjaman online dan berbagai penipuan online yang banyak menargetkan teman-teman disabilitas. Mereka juga sekarang bisa menyimpan uang dengan pintar dan bijaksana. Kami berharap teman-teman difabel bisa terus berkembang dan tetap menjaga semangatnya agar kelak mereka bisa bekerja menjadi Barista di kafe atau di hotel, atau bahkan membuka coffee shop sendiri," harap Mario Gultom, Ketua Yayasan Sunyi Harapan Indonesia.