Ratusan Orang Telah Mandapatkan Bantuan Operasi Bibir Sumbing Gratis dari Sido Muncul
Direktur Sido Muncul, Irwan Hidayat. (Foto: Dok. Sido Muncul)

Bagikan:

JAKARTA - PT Industri Farmasi dan Jamu Sido Muncul Tbk (SIDO) telah membantu ratusan penderita bibir sumbing di seluruh wilayah Indonesia. Hal ini dilakukan perseroan melalui operasi bibir sumbing gratis yang telah dilakukan sejak 2018 silam.

Dalam keterangan tertulis Sido Muncul yang dikutip Sabtu 17 Februari, disebutkan, bantuan operasi sumbing bibir gratis pertama kali dilakukan di Kupang. Bantuan telah dilakukan di berbagai wilayah Indonesia. Total pasien yang telah dioperasi hingga saat ini adalah 574 pasien.

"Bantuan yang diberikan ini merupakan bagian dari upaya Sido Muncul untuk berkontribusi pada masalah kesehatan yang ada di Indonesia. Kami berharap kegiatan operasi bibir sumbing gratis ini dapat menginspirasi berbagai pihak untuk memiliki kesadaran dan ikut menyelenggarakan kegiatan yang sama, karena angka penderita sumbing bibir di Indonesia tergolong masih tinggi. Semakin banyak yang mengadakan, mudah-mudahan semakin banyak pula yang bisa terobati," ujar Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.

Sebagai informasi, di Indonesia terdapat setidaknya 9.000 sampai 10.000 bayi yang lahir dengan sumbing bibir dan sumbing langit-langit di Indonesia. Sumbing bibir dan langit-langit sendiri merupakan kondisi kelainan anatomi yang dapat mempengaruhi psikis dan kehidupan sosial para penderitanya.

Teranyar, Sido Muncul kembali menggelar operasi sumbing bibir gratis untuk 50 penderita di Surabaya, Jawa Timur. Bekerja sama dengan Smile Train Indonesia, operasi sumbing bibir dan langit-langit akan dilaksanakan pada tanggal 16 Februari 2024 di Rumah Sakit PHC Surabaya, Jawa Timur.

Adapun bantuan senilai Rp325 juta, secara simbolis akan diserahkan oleh Direktur PT Industri Jamu Dan Farmasi Sido Muncul Tbk Irwan Hidayat kepada Deasy Larasati, selaku Country Manager and Program Director Indonesia.

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan bahwa ia sangat memahami rasanya menjadi orang tua dengan anak penderita bibir sumbing, maka dari itu bantuan ini tujuannya untuk meringankan beban para orang tua.

"Kami bisa merasakan bahwa anak-anak yang menderita bibir sumbing kesulitan untuk makan dan kurang percaya diri terhadap penampilannya. Maka itu, hari ini kami kembali memberikan bantuan operasi sumbing bibir gratis bagi 50 penderita yang ada di wilayah Surabaya, Jawa Timur," ujar Irwan Hidayat.