IHSG Akhir Pekan Berpotensi Menguat Imbas Hasil Quick Count
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi lanjutkan penguatan imbas hasil quick count Pilpres 2024 pada perdagangan hari ini, Jumat 16 Februari.

Tim riset Phintraco Sekuritas mengatakan IHSG ditutup menguat ke level 7.303 pada Kamis kemarin. Menurutnya, rebound hari ini terindikasi sebagai respons pelaku pasar terhadap hasil hitung cepat sementara Pemilu yang dilakukan oleh sejumlah lembaga survei.

Sebagaimana diketahui, pasangan nomor urut 02 Prabowo-Gibran unggul dalam hasil quick count di berbagai lembaga survei dengan rata-rata di atas 50 persen.

"Potensi Pemilu eksekutif yang berlangsung satu putaran nampaknya meredam kekhawatiran terhadap risiko ketidakpastian, setidaknya dalam jangka pendek," ujar Tim riset Phintraco Sekuritas.

Alhasil, IHSG diperkirakan akan melanjutkan penguatan pada Jumat ini dengan level resisten di area 7.330-7.350. Level pivot di 7.300 dan level support di 7.250-7.275.

Dari sentimen pasar global, investor mengantisipasi rilis data Producer Price Index (PPI) yang diperkirakan 0,7 persen year-on-year (YoY) pada Januari 2024 atau turun dari 1 persen YoY di Desember 2023.

Ekspektasi pelemahan inflasi produsen merepresentasikan optimisme pasar terhadap inflasi produser yang kian membaik dan akan mendorong Consumer Price Index secara bertahap untuk mencapai target The Fed sebesar 2 persen.

Adapun, membaiknya inflasi akan meningkatkan probabilitas The Fed untuk memangkas suku bunga acuan pada periode Mei 2024. Saat ini, suku bunga The Fed masih ditahan di kisaran 5,25-5,5 persen.

Sementara itu, dari dalam negeri, terdapat rilis data penjualan ritel yang diperkirakan sebesar 2,6 persen YoY pada Desember 2023 dari sebelumnya sebesar 2,1 persen di November 2023. Persentase tersebut menunjukkan optimisme pasar terhadap keberlanjutan pertumbuhan penjualan ritel di Indonesia selama tujuh bulan berturut-turut.

Hal tersebut sejalan dengan ekspektasi bahwa terdapat peningkatan belanja konsumen di tengah momentum Pemilu 2024 dan tahun baru 2024.

Dengan sederet sentimen tersebut, Phintraco Sekuritas merekomendasikan saham-saham pilihan pada Jumat ini, meliputi JPFA, CPIN, MNCN, JSMR, ESSA, dan SMGR.