Bagikan:

YOGYAKARTA – Pebisnis disarankan untuk tahuh apa itu escrow account untuk mengantisipasi penipuan. Pasalnya escrow account membantu penipuan atau risiko terjadinya kejahatan dalam transaksi keuangan. Untuk lebih jelasnya simak artikel berikut ini.

Apa Itu Escrow Account

Dikutip dari situs DJKN Kementerian Keuangan, escrow account adalah rekening yang dibuka khusus untuk menampung dana yang dipercayakan pada bank berdasarkan syarat tertentu sesuai dengan perjanjian yang tertulis. Sederhananya, escrow account adalah rekening bersama.

Akun rekening sendiri disediakan oleh escrow atau pihak ketiga. Akun berfungsi sebagai tempat penampungan sementara sekaligus menyalurkan dana ke pihak yang terlibat transaksi keuangan online. Pihak ketiga penyedia akun rekening tak hanya melakukan penampungan dan pengelolaan dana, namun sekaligus memastikan pihak yang terlibat transaksi mampu menjalankan kewajibannya. Selain itu escrow juga akan memastikan bahwa pihak yang terlibat transaksi mendapat haknya sebagaimana semestinya.

Contoh Penggunaan Escrow Account

Saat ini penggunaan escrow account sudah lazim digunakan untuk menjamin keamanan transaksi keuangan. Berikut ini contoh penggunaan escrow account.

  1. Jual-Beli Online

Escrow account saat ini diguakan pada kegiatan jual-beli online yang terjadi di e-commerce. Keberadaan rekening bersama akan memudahkan penjual atau pembeli untuk menghindari penipuan.

Baik penjual maupun pembeli bisa mendapatkan dananya lagi saat salah satu pihak merasa dirugikan. Hal ini bisa terjadi karena dana yang ditransfer oelh pembeli akan ditahan oleh pengelola escrow account atau pihak ketiga. Nanti dana tersebut akan dikirimkan ke pihak penjual setelah si pembeli menerima barang dengan kondisi baik.

  1. Lelang Online

Selain jual-beli online, escrow account juga dimanfaatkan untuk kegiatan lelang online. Misalnya, pihak escrow account akan mengembalikan uang jaminan yang disetorkan oleh peserta lelang ketika si peserta gagal mendapatkan barang yang ingin dibeli.

Manfaat Escrow Account

Escrow account saat ini banyak digunakan oleh masyarakat umum atau pihak lain yang berkepentingan dalam transaksi keuangan. Adapun manfaat escrow account adalah sebagai berikut.

  1. Memudahkan Penjual dalam Urusan Refund Uang

Pembeli biasanya akan mengembalikan barang yang tidak sesuai dengan pesanannya. Saat itu terjadi, penjual wajib menukar barang sesuai pesanan atau mengembalikan uang (refund) yang telah dibayarkan.

Dengan adanya escrow account, penjual tak perlu repot mentransfer dana ke rekening pembeli. Selain itu escrow accoun juga memperkecil risiko penjual jadi korban penipuan.

  1. Melindungi Pembeli dari Penjual Nakal

Risiko pembeli jadi korban penipuan penjual nakal semakin kecil degan adanya escrow account. Pembeli bisa mendapatkan lagi dana yang telah ditransfer sebelumnya. Pengembalian dana ini bisa dilakukan jika pembeli mendapat barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau kesepakatan.

  1. Mendukung Kegiatan Jual-Beli Online

Dengan adanya escrow account secara tidak langsung mendukung kegiatan jual-beli online secara luas. Kondisi tersebut tentu berdampak pada pergerakan roda ekonomi secara luas. Penjual semakin mudah melakukan penjualan produk dan pembeli makin mudah melakukan transaksi pembelian.

Jenis Escrow Account

Escrow account bisa dibedakan menjadi beberapa jenis tergantung peruntukannya yakni sebagai berikut.

  1. Real Estate Escrow

Seperti namanya, real estate escrow account ialah layanan yang dimanfaatkan untuk urusan jual-beli rumah. Penyedia real estate escrow account akan mengawasi hal-hal yang bersangkutan dengan urusan jual-beli rumah benar-benar berjalan tanpa masalah.

  1. Online Escrow

Jenis ini dimanfaatkan dalam kegiatan transaksi online seperti di e-commerce untuk meminimalisir penipuan. Pihak escrow akan mengembalikan uang yang telah dikirim oleh pembeli jika ada masalah pada proses jual-beli.

  1. Stock Escrow

Layanan ini digunakan pada pembayaran saham. Dalam praktiknya dibutuhkan dokumen perjanjian yang jadi syarat pemindahtanganan. Pemilik saham sebelumnya wajib menunggu sampai masa pernjanjian habis, setelah itu pemindahan kepemilikan atas saham bisa dilakukan.

Selain terkait apa itu escrow account, kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.