Jokowi Groundbreaking Masjid IKN Senilai Rp940 Miliar, Pembangunan Ditargetkan Rampung Akhir 2024
Presiden Joko Widodo. (Foto: Tangkapan Layar/YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) melakukan peresmian peletakan batu pertama atau groundbreaking Masjid Negara di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur, hari ini.

Jokowi mengatakan, nantinya Masjid Negara tersebut bisa menampung sekitar 61 ribu jemaah.

"Di sekeliling masjid ini akan dikelilingi oleh air, akan dibuat embung buatan. Sehingga, saya membayangkan masjid ini adalah masjid yang akan sangat indah dari luar dan juga akan sangat indah interiornya dari dalam," ujar Jokowi seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, 17 Januari.

Dia menambahkan, untuk biaya konstruksi dari bangunan tersebut mencapai sekitar Rp940 miliar, yang mana nantinya akan dilengkapi dengan infrastruktur kawasan, seperti lanskap, utilitas kawasan serta jalan dan jembatan.

"Dan dibangun kurang lebih 400 hari kalender, ditargetkan akhir tahun ini bisa selesai," ujarnya.

Masjid Negara ini, kata Jokowi, diharapkan akan merepresentasikan kemajemukan Indonesia dan sebagai sarana bagi umat Muslim untuk melakukan berbagai aktivitas keagamaan, serta menjadi simbol untuk memperkuat toleransi dan moderasi beragama di Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, Jokowi berharap, masjid yang akan dibangun tersebut nantinya bisa menjadi contoh dari masjid-masjid negara di dunia, yang mana turut menampilkan kekhasan Indonesia dan kekhasan Ibu Kota Nusantara.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, pada siang hari ini peletakan batu pertama groundbreaking Masjid Negara secara resmi saya nyatakan dimulai," pungkasnya.