Bagikan:

JAKARTA - Ketua Umum Perhimpunan Ahli Pertambangan Indonesia (Perhapi) Rizal Kasdi buka suara soal ledakan tungku smelter milik PT Indonesia Tsingshan Stainless Steel di kawasan Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), Morowali, Sulawesi Tengah yang menimbulkan korban jiwa.

Rizal meminta pemerintah untuk menunjuk tim ahli khusus dan independen agar bisa dilakukan audit secara keseluruhan pada semua smelter yang ada di Indonesia.

Menurutnya hal ini perlu dilakukan dengan harapan semua perusahaan yang memiliki smelter dapat belajar dari pengalaman yang ada sehingga kejadian serupa tidak terulang di kemudian hari.

"(Perlu) audit secara menurut semua smelter yang ada dengan harapan bahwa dari pengalaman yang ada ini kita bisa belajar dan melihat kelemahan-kelemahan dari smelter lain," ujarnya dalam Mining Zone yang dikutip Kamis 4 Januari.

Rizal juga meminta pengawasan dan evaluasi perlu dilakukan sejak proses awal berdirinya smelter yakni dimulai dari proses perencanaan, design pabrik, pemilihan teknologi, pengadaan barang, konstruksi, testing, commissioning hingga ramp up dan perawatan hingga pemeliharaan.

"Ini sangat berkaitan erat, karena kalau ini tidak diawasin secara ketat, kemungkinan ini bisa menyebabkan adanya kelemahan-kelemahan di pabrik tersebut. Nah sehingga nanti bisa terlihat bahwa pabrik, smelter, dan bisnis, yang akan dibangun ini itu benar-benar memenuhi standar keselamatan kerja," beber Rizal.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo meminta audit dan pengecekan fasilitas peleburan di industri pertambangan atau smelter dapat diperkuat guna mencegah peristiwa kebakaran dan ledakan tungku smelter.

"Urusan di tempat yang ada pemanasannya itu, ada peleburannya itu, itu yang menurut saya paling rawan di situ. Jadi, auditnya, checking-nya, kalau bisa harus di-double-in, kalau perlu di-triple-in, biar kejadian yang sudah sekali, dua kali terjadi ini, tidak terjadi lagi," kata Jokowi.

Jokowi mengatakan peristiwa kebakaran dan ledakan yang terjadi di smelter nikel di Morowali, Sulawesi Tengah, sedang dalam proses investigasi kepolisian.