KoinWorks Tanam Pohon Mangrove Bersama Pendana dan Peminjam, Tekankan Komitmen terhadap Pengurangan Jejak Karbon
Foto: Dok. KoinWorks

Bagikan:

JAKARTA - KoinWorks, neobank pertama untuk UMKM di Indonesia, menggelar acara penanaman pohon mangrove dengan tema "Planting the Future, Transforming Lives". Acara yang diadakan di Pantai Indah Kapuk pada Jumat lalu merupakan kontribusi yang signifikan terhadap visi KoinWorks untuk menuju Fintech net-0 guna mengurangi emisi karbon dan bertujuan pada keberlanjutan finansial dan lingkungan.

Solusi keuangan yang berlandaskan teknologi, hemat biaya, dan berkelanjutan telah mengubah cara orang melakukan urusan keuangan, sekaligus membantu mengatasi perubahan iklim. Angelique Timmer, Chief of Impact dan ESG KoinWorks, menjelaskan peran dan misi KoinWorks dalam hal ini.

"Jejak karbon KoinWorks secara fisik terhitung rendah karena kami merupakan bisnis digital. Kami juga bertujuan membuat perbedaan untuk lingkungan dengan bekerja dari gedung yang bersertifikat hijau, untuk menuju Fintech net-0 (net zero) pada tahun 2025," jelasnya dalam keterangan tertulis, Senin 18 Desember.

KoinWorks telah berhasil mengurangi emisi karbon operasionalnya sebesar 30 persen menjadi 169 ton CO2 hingga September 2023, dibandingkan dengan tahun 2022. KoinWorks telah menanam lebih dari 1000 pohon untuk mengkompensasi 30 persen karbon lainnya, yang melebihi ambisi pemerintah.

Bersama dengan para karyawan, KoinWorks mengundang mitra ekosistem mereka, yaitu para pendana dan UMKM, untuk bergabung dalam acara ini dengan melakukan penanaman pohon bersama guna memperbanyak dampak lingkungan. Mereka turut serta dengan aktif dan mengikuti contoh dari KoinWorks dengan menanam pohon untuk mengkompensasi emisi karbon dari aktivitas keluarga atau bisnis mereka.

Angelique Timmer lebih lanjut menyatakan manfaat dari acara penanaman pohon ini.

"Ekosistem pesisir adalah tempat di mana  banyak UMKM Indonesia bekerja setiap hari dan mereka membutuhkan lingkungan kerja yang aman. Acara ini merupakan ajakan bagi UMKM untuk mengadopsi praktik berkelanjutan dan mengoptimalkan rantai pasokan mereka," tuturnya.

Salah satu pendana ritel yang berpartisipasi dalam acara ini, Shila Hasnifah, berbagi pendapatnya.

"Ikut serta dalam acara penanaman pohon mangrove bersama KoinWorks telah memberikan kami kesempatan luar biasa untuk berinvestasi untuk masa depan yang lebih hijau. Hari ini menjadi pengalaman langsung melihat komitmen KoinWorks terhadap pengelolaan lingkungan dan upaya proaktifnya dalam menjaga bumi kita," kata Shila.

Willy Arifin, Co-Founder dan Executive Chairman KoinWorks, menyatakan, acara ini adalah kesempatan untuk menyoroti pentingnya menjaga sumber daya alam.

"Sebagai perusahaan teknologi finansial, kami berharap dapat berjalan seiring dengan keberlanjutan lingkungan secara seimbang. Kami juga berharap pengguna kami dan masyarakat umum akan bergabung dalam langkah kami untuk mengurangi jejak karbon," jelas Willy.