Kaleidoskop 2023: Agresif Lakukan Pengeboran, Ini Sejumlah Temuan Sumur Minyak dan Gas RI
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah terus berupaya mengejar target 1 juta barel minyak (BOPD) dan 12 juta standar kaki kubik gas (MMSCAF) pada tahun 2030.

Pemerintah agresif melakukan pengeboran dikarenakan hingga 31 Oktober 2023, realisasi lifting minyak berada pada level 604,3 barel minyak per hari (BOPD) atau 91,6 persen dari target yang ditetapkan dalam APBN sebesar 660.000 BOPD.

Sedangkan realisasi salur gas hingga Oktober 2023 baru mencapai 5.353 juta kaki kubik per hari (MMSCFD) atau sebesar 86,9 perssen dari target yang termaktub dalam APBN sebesar 6.160 MMSCFD.

SKK Migas memproyeksikan salur gas akan mencapai 5.400 MMSCFD atau 87,7 persen dari target APBN pada Desember 2023.

Sementara untuk Reserve Replacement Ratio (RRR) atau rasio penggantian cadangan khususnya eksplorasi, masih bisa dipertahankan di atas rerata 100 persen.

Untuk itu, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melalui Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) gencar melakukan eksplorasi sumur minyak dan gas.

Berdasarkan catatan SKK Migas, hingga 31 Oktober KKKS menemukan 9 sumur eksplorasi dengan total sumber daya inplace kurang lebih 430,26 MMBOE.

Berikut beberapa sumur eksplorasi yang ditemukan KKKS sepanjang tahun 2023:

1. Geng North

Salah satu temuan besar tahun ini adalah Geng North di Blok North Ganal, Kalimantan Timur yang ditemukan oleh perusahaan migas asal Italia, ENI pada 2 Oktober 2023.

SKK Migas menyebut untuk mengesplorasi satu sumur diperlukan biaya setidaknya 100 juta dolar AS karena terletak di lepas pantai dengan estimasi hidrokarbon inplicit sebesar 5,3 TCF gas dan 380 MBOE minyak.

Nantinya gas yang dihasilkan Geng North akan disalurkan ke Bontang Plant dan industri di kalimantan. Dengan demikian, kata dia, nantinya akan menghidupkan kembali operasional Bontang Plant dari dua train menjadi 4 train.

Penemuan ladang gas Geng North-1 di Kaltim ini digadang-gadang akan menjadi cadangan gas terbesar di dunia, sehingga akan memacu produksi gas sebagai energi transisi menuju energi bersih.

SKK Migas memastikan ENI akan mempercepat pengembangan Geng North dengan mengadposi apa yang sudah dilakukan di lapangan migas di Mesir dan on stream pada tahun 2027.

2. Adiwarna-1x

Sumur Adiwarna-1X merpakan sumur yang ditajak oleh anak usaha Pertamina, PT Pertamina Hulu Mahakam. Sumur yang terletak di Lapangan South Mahakam ini terdapat temuan gas dan kondensat.

Temuan ini merupakan kali kedua bagi PHM setelah sebelumnya berhasil menemukan minyak dan gas pada sumur eksplorasi Manpatu-1X di awal 2022.

3. Arun A-55a

Badan Pengelola Migas Aceh (BPMA) dan PT Pema Global Energi (PGE) pada Selasa 8 Agustus 2023 mengumumkan temuan hidrokarbon dari kegiatan usaha hulu migas di wilayah kerja Aceh, tepatnya di kawasan Arun Blok B Aceh Utara, khususnya sumur A-55A.

Sumur A-55 berada di kawasan Desa Desa Mampree dan Desa Ampeh, Kecamatan Syamtalira Aron.

4. Polaris D-1X

Pada awal tahun 2023, tepatnya pada bulan maret, PT Pertamina Hulu Sanga Sanga (PHSS), anak Perusahaan PT Pertamina Hulu Indonesia (PHI) baru saja melakukan tajak pengeboran eksplorasi pada Sumur Eksplorasi Polaris D-1X.

Sumur Eksplorasi Polaris D-1X merupakan satu dari 4 sumur eksplorasi Komitmen Pasti di area Sangasanga.

5. BLN-01

BLN-01 yang terletak di Desa Buluh Nipis, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar merupakan sumur eksplorasi migas pertama yang dilakukan oleh PT EMP Tunas Energi pada Kamis 27 Juli.

Sumur BLN-01 akan dibor sedalam 1.950 feet atau sekitar 700 meter.

Setelah pengeboran ini selesai, EMP Tunas Energi selaku kontraktor berencana melakukan pengeboran di wilayah bagian Selatan. Selain itu juga akan melakukan survei seismik 2D dan 3D.

6. SEM-1X

SKK Migas melaporkan temuan sumur minyak South East Mandala atau SEM-1x oleh PT Pertamina Hulu Energi Ogan Komering.

Kendati demikian, belum ada informasi lebih lanjut terkait besaran potensi cadangan migas yang ditukan dalam sumur ini.

7. Sidingin North-1

Pada Febrari 2023, PT Pertamina Hulu ROkan (PHR) melakukan tajak perdana sumur eksplorasi Sidingin North-1 (SDN-1) yang terletak di Kelurahan Banjar XII, Kecamatan Tanah Putih, Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Proses pengeboran ini menggunakan Rig dengan kedalaman 8.000 kaki.

8. Rahmat-1

Sumur Rahmat-1 merupakan sumur re-entry yang dibor oleh KKKS Odira Energy Karang Agung dan berlokasi di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.

Sekadar informasi, re-entry merupakan metode memasukkan kembali pipa sumur dengan tujuan mendongkrak produksi minyak.

Pengeboran Re-Entry Sumur Rahmat–01 bukahnlah hal yang mudah. Rig Tiga Musim Mas Jaya (TMMJ) #23 dibawa dari lokasi pengeboran Sumur Belato #04 di Jambi ke lokasi sumur Rahmat – 1 yang berjarak 517 Kilometer.

Rencananya, pengembangan hasil sumur Rahmat-1 akan digunakan untuk memasok pembangkit listrik yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah setempat.

9. EWO-001

Sumur East Wolai (EWO)-001 terletak di lapangan Donggi, tepatnya di Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Sumur eksplorasi tersebut akan dibor secara vertikal menggunakan Rig PDSI #04.3/N-110M1 (1500 HP) dengan rencana kedalaman akhir sumur di 2.290 mTVDss.

Hingga saat ini status sumur ini tengah dilakukan pengeboran lubang 17-1/2 denan kedalaman 533 kaki.

Belum ada infomasi lanjutan terkait besaran cadangan gas yang terkandung di dalamnya.