Rayakan Ulang Tahun ke-35, AEI Galang Aksi Peduli Stunting dan Praktik ESG yang Bertanggung Jawab
Ilustrasi. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Asosiasi Emiten Indonesia (AEI) merayakan 35 tahun berdirinya institusi dengan mengusung tema Pasar Modal Peduli Generasi Mendatang - Aksi Peduli Stunting dan Praktik ESG yang bertanggung jawab. Acara ini diselenggarakan di Mainhall Bursa Efek Indonesia (BEI) yang disaksikan oleh Ketua Dewan Pembina AEI Airlangga Hartarto, Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Inarno Djajadi, Direktur Pengembangan Bursa Efek Indonesia Jeffrey Hendrik, dan Ketua Umum AEI Bapak Armand Wahyudi Hartono.

Aksi ini bukan lah sekedar aksi sosial semata, tetapi lebih kepada kepedulian terhadap keberlanjutan masa depan generasi Indonesia, penguatan sektor kesehatan masyarakat, serta peningkatan kualitas SDM ke depan dalam mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045.

Pemerintah telah menargetkan prevalensi stunting menjadi 14 persen tahun 2024, dimana pada 2019 mencapai 27,6 persen, dan pada tahun 2023 telah menurun menjadi 21,6 persen.

AEI sebagai wadah bagi para emiten Pasar Modal Indonesia berharap menjadi garda terdepan dalam mendukung usaha-usaha pengentasan stunting demi generasi bangsa yang lebih baik.

Adapun Pasar Modal Peduli Generasi Mendatang ini didukung oleh 25 emiten yang berasal dari berbagai sektor industri yaitu PT Bank Central Asia Tbk, PT Astra International Tbk, PT Pakuwon Jati Tbk, PT Barito Pacific Tbk, PT Mastersystem Infotama Tbk, PT Sumarecon Agung Tbk, PT Bumi Resources Tbk, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Trimegah Bangun Persada Tbk, PT Dharma Polimetal Tbk, PT Mayora Indah Tbk, PT Adaro Energy Tbk, PT Bank BTPN Tbk, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Syariah Indonesia Tbk, PT Pegadaian (Persero), PT Hasnur Internasional Shipping Tbk, PT Bank Mestika Tbk, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, Hukumonline, PT Sri Rejeki Isman Tbk, PT Bank Danamon Tbk, BFI Finance, PT Bank Multiarta Sentosa Tbk, PT Bank China Construction Bank Indonesia Tbk.

Donasi yang terkumpul pada periode pertama bulan Desember ini telah mencapai lebih dari Rp1 miliar dan diharapkan akan terus bertambah pada periode bulan berikutnya seiring dengan partisipasi dan solidaritas dari anggota AEI yang semakin meningkat.

AEI berharap dapat terus berkontribusi, berinovasi, memperluas peranan pada dunia usaha, serta dapat terus mendorong perusahaan-perusahaan potensial agar dapat berkembang menjadi emiten-emiten yang baik di pasar modal, memiliki kepedulian sosial yang tinggi dan menerapkan praktik-praktik Good Corporate Governance dan Praktik ESG yang bertanggung jawab.

Ketua Umum AEI Armand Wahyudi Hartono mengatakan, aksi peduli stunting dan Praktik ESG yang bertanggung jawab merupakan kedua hal berkesinambungan yang menjadi tanggung jawab semua pihak, baik sebagai emiten di pasar modal maupun sebagai bagian dari masyarakat.

“Stunting bukanlah hal yang mudah, tetapi dengan usaha bersama kami yakin dapat mewujudkan generasi mendatang yang bebas stunting, peningkatan kesehatan masyarakat, peningkatan kualitas SDM, serta pada akhirnya akan berkontribusi pada perekonomian nasional. Kami berterima kasih atas partisipasi seluruh emiten yang terlibat dalam Gerakan Pasar Modal Peduli Generasi Mendatang yang diusung AEI ini,” jelasnya.