Gencarkan Upaya Literasi Berbasis Komunitas, Wakil Menteri Kominfo: Kita Perlu Lebih Banyak Mitra Penggerak seperti Bibit.id
Foto: Dok. Bibit.id

Bagikan:

JAKARTA - Di sepanjang tahun 2023, aplikasi investasi digital terdepan di Indonesia, Bibit.id, secara aktif terlibat sebagai mitra penggerak bagi Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang dicanangkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kemenkominfo RI).

Partisipasi Bibit dalam program ini diwujudkan lewat dukungan materi dan pembicara untuk berbagai program literasi investasi digital serta pengembangan startup lokal di berbagai kota di Indonesia seperti Malang, Pontianak, Singkawang, Jambi, Pasuruan, dan Solo.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Diinisiasi sejak 2016, gerakan ini diharapkan mendorong terciptanya mencetak startup yang menjadi solusi atas masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

Sebagaimana diketahui, pengguna internet di Indonesia telah mencapai 212 juta orang dengan tingkat penetrasi internet yang berada di angka 78 persen. Indeks Daya Saing Digital Indonesia pun mengalami kenaikan yang konstan selama tiga tahun terakhir.

"Artinya, potensi sektor digital di Indonesia masih sangat menjanjikan. Di masa yang serba modern ini kita tidak akan terlepas yang namanya sistem digital. Untuk itu, saya berterima kasih kepada para mitra penggerak dan seluruh anggota ekosistem digital Tanah Air atas dukungan kepada gerakan ini,” kata Nezar Patria, Wakil Menteri Kominfo RI, dalam acara CATCH UP ImpactInteract Night yang dihelat di Mbloc, Jakarta, dikutip Senin 4 Desember.

Menyikapi hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) yang dilakukan oleh OJK di tahun 2022, di mana tingkat inklusi keuangan masyarakat Indonesia telah mencapai angka 85,1 persen, sementara masih terdapat gap yang cukup besar dalam tingkat literasi keuangan yang baru menyentuh angka 49,68 persen, Nezar mengatakan bahwa peran serta Bibit dalam meningkatkan literasi keuangan digital sangatlah krusial.

Menurutnya, upaya Bibit untuk menyapa langsung masyarakat dan melaksanakan berbagai sesi edukasi berbasis komunitas, baik dalam program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ataupun program lainnya, sangatlah bermanfaat.

PR & Corporate Communication Bibit, William, menambahkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kolaborasi yang erat dengan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Menurutnya, kolaborasi ini telah menjangkau ribuan peserta di tahun 2023 dan diharapkan pada tahun 2024 dapat terus meningkat.

"Hal ini sejalan dengan misi kami di Bibit untuk terus menghadirkan layanan yang aman, nyaman, dan inklusif bagi jutaan pengguna kami di lebih dari 500 kota di Indonesia," tutup William.