Astra Infra Sudah Operasikan Jalan Tol Sepanjang 396 Km
Ilustrasi (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Astra Toll Nusantara (Astra Infra) menyebut, ruas tol yang sudah beroperasi hingga saat ini mencapai 396 kilometer (km).

"Sekarang kami sudah memiliki dan mengoperasikan jalan tol sejauh 396 km," ujar Group Chief Operating Officer (COO) Astra Infra Billy Perkasa Kadar dalam workshop Wartawan Industri Astra di Jakarta, Jumat, 17 November.

Adapun ruas tol yang telah dioperasikan tersebut ialah, Tol Tangerang-Merak, Kebon Jeruk-Ulujami (JORR 1), dan Kunciran-Serpong (JORR 2).

"Terus ke arah Timur itu ada Cikopo-Palimanan, Semarang-Solo, Jombang-Mojokerto, Surabaya-Mojokerto, dan Pandaan-Malang.

Billy menilai, pengoperasian jalan tol sepanjang 396 km tersebut merupakan pencapaian yang telah dilakukan pihaknya selama 18 tahun terakhir ini.

"Jadi, 396 km jalan tol tersebut merupakan upaya Astra untuk mengembangkan kompetensi, kemudian investasi di bidang infrastruktur. Jadi, itu (pencapaian) selama 18 tahun," kata dia.

Selain mengoperasikan ruas tol di sejumlah daerah, Astra Toll juga memiliki pelabuhan di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

"IKN itu terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, dan disitulah lokasi dari pelabuhan kami. Jadi, kami punya pelabuhan yang letaknya 60-70 km dari titik nol IKN," pungkas Billy.

Adapun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat, ruas tol yang sudah beroperasi di seluruh Indonesia mencapai total 2.816,7 km hingga November 2023.