Tambah Kapasitas Produksi Baja, Krakatau Steel Bakal Bangun Pabrik Baru Tahun Depan
Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo. (Foto: Theresia Agatha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Krakatau Steel (Persero) Tbk atau KRAS berencana menambah kapasitas produksinya lewat pembangunan pabrik baru mulai 2024 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Utama Krakatau Steel Purwono Widodo usai ditemui dalam Acara IISIA Business Forum (IBF) 2023 di ICE BSD, Tangerang, Kamis, 9 November.

"Ya bisa dikatakan pabrik baru, tapi dal perusahaan yang sama. Artinya, menambah kapasitas bukan dalam arti membuat perusahaan baru," kata Purwono.

Purwono mengatakan, saat ini rencana tersebut sudah masuk tahap feasibility study (FS), sehingga untuk pendanaan dari investor atau pemerintah akan dimulai pada tahun depan.

"Ya, tahun ini sudah FS, harusnya pendanaan dan sebagainya tahun 2024 sudah mulai karena kalau enggak, kami kekurangan bahan baku. Itu, kan, menghasilkan slab," ujarnya.

Dia menargetkan, nilai investasi dari adanya pembangunan pabrik baru tersebut mencapai sekitar 3,3 miliar dolar AS.

"Secara umum, kalau untuk hulu itu 1 miliar dolar AS untuk kapasitas 1 juta ton. Jadi, kalau (kebutuhan) kami 3 juta ton, ya, sekitar 3 miliar dolar AS.

"Waktu di otomotif bilang ini bahan bakunya jangan impor, kami akan tambahkan untuk control, ya, sekitar 300 juta dolar AS. Jadi, total 3,3 miliar dolar AS," tuturnya.

Saat ditanyai lebih lanjut mengenai kapan jadwal pembangunan pabrik baru itu dimulai, Purwono menyebut diupayakan mulai tahun depan.

"Ya (bangunnya 2024) doakan," imbuhnya