Jokowi <i>Groundbreaking</i> Rumah Sakit Berkonsep Green di IKN, Ditargetkan Beroperasi Semester II 2024
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Foto: Dok. ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking terhadap pembangunan Rumah Sakit Mayapada atau Mayapada Hospital di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, rumah sakit milik konglomerat Dato Sri Tahir ini akan mengusung konsep green hospital untuk mendorong percepatan pembangunan IKN.

"Alhamdulillah, kami kembali melakukan groundbreaking untuk pembangunan rumah sakit. Ini adalah rumah sakit kedua yang akan dibangun di IKN Nusantara, yaitu Rumah Sakit mayapada. Ini akan menjadi green hospital untuk mendukung percepatan dan pembangunan IKN Nusantara," kata Jokowi dalam sambutan acara Groundbreaking Mayapada Hospital Nusantara di IKN, dikutip dari siaran langsung Sekretariat Presiden, Rabu, 1 November.

"Sebesar 20 persen dari total luasan lahan akan dimanfaatkan sebagai area hijau dilengkapi dengan healing garden untuk membantu percepatan kesembuhan pasien. Jadi, kalau pasien sakit di sini, lihat ke kanan hijau, lihat ke kiri hijau, lihat ke depan hijau, keluar dari ruangan juga hijau, cepat sembuhnya," tambahnya.

Jokowi menambahkan, bahwa proses konstruksi akan segera dilakukan. Mengingat, rumah sakit tersebut ditargetkan selesai mulai beroperasi pada semester II 2024.

Hadirnya Mayapada Hospital Nusantara, kata Jokowi, diharapkan mampu meningkatkan pelayanan kesehatan di dalam negeri.

Sebab, lanjut dia, lebih dari Rp100 triliun capital outflow mengalir ke luar negeri untuk kebutuhan kesehatan setiap tahunnya.

"Saya yakin dengan pengalaman yang dimiliki oleh Mayapada Hospital bersama mitra-mitra internasionalnya, akan bisa menjadi rumah sakit yang baik karena bekerja sama dengan Apollo Hospitals di India. Saya harap, dengan semakin banyak dan berkualitasnya layanan kesehatan, masyarakat di IKN dan kota sekitar IKN tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri," ungkapnya.

Adapun investasi untuk pembangunan Mayapada Hospital dilaporkan mencapai Rp500 miliar.

Dana tersebut dikucurkan Mayapada Group untuk pembangunan rumah sakit sekaligus dormitory yang dibangun di Wilayah Perencanaan (WP) 1B IKN ini.

Sebelumnya, Founder Mayapada Group Dato Sri Tahir mengatakan, Mayapada akan menjadi salah satu RS pertama yang dibangun dan beroperasi di IKN, serta akan menjadi RS terbaik yang ada di Kalimantan.

Tahir mengatakan, peletakan batu pertama atau ground breaking RS Mayapada di IKN ditargetkan mulai berlangsung pada 1 November 2023 dan diharapkan pembangunannya dapat dirampungkan pada April 2024.

"Saya berharap RS Mayapada di IKN sudah dapat beroperasi pada Juli 2024," ujarnya.