Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama atau groundbreaking proyek pembangunan Rumah Sakit Hermina di IKN Nusantara, pada hari ini. Adapun investasi dari proyek rumah sakit itu mencapai angka sekitar Rp650 miliar.

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pada siang hari ini, peletakan batu pertama RS Hermina Nusantara secara resmi saya nyatakan dimulai," kata Jokowi dalam sambutannya seperti dikutip dari YouTube Sekretariat, Rabu, 1 November.

Jokowi mengatakan, nantinya rumah sakit tersebut akan dibangun bertaraf internasional dengan berbasis eco green dan smart hospital.

"Rumah sakitnya ramah lingkungan, berkonsep green building dengan memanfaatkan energi terbarukan dan didukung digitalisasi smart hospital," ujarnya.

Dia juga memastikan, bahwa rumah sakit tersebut tidak hanya akan menerima pasien pasien VIP saja, tetapi juga bisa melayani pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

"Dengan adanya rumah sakit Hermina Nusantara ini, masyarakat di IKN dan sekitarnya bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang unggul," ucap Jokowi.

Selain itu, Jokowi menilai, kehadiran rumah sakit spesialis ibu dan anak itu menjadi jawaban bagi kebanyakan orang yang mempertanyakan adanya fasilitas kesehatan di IKN Nusantara nantinya. 

Sebab, keberadaan fasilitas tersebut merupakan salah satu pertimbangan utama bagi masyarakat yang ingin pindah ke IKN Nusantara bila sudah rampung nanti.

"Groundbreaking rumah sakit ini akan semakin menguatkan kepercayaan masyarakat dan investor agar tidak ragu-ragu lagi untuk tinggal di IKN, tidak ragu-ragu berinvestasi dan mengembangkan usahanya di IKN nusantara, dan kami terus membangun berbagai fasilitas pendukung sehingga semakin banyak orang yang tertarik untuk tinggal di IKN," ungkapnya.