Bagikan:

JAKARTA - PT Angkasa Pura II mengupayakan peningkatan penerbangan umrah di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati. Badara tersebut sudah resmi beroperasi penuh melayani penerbangan domestik dan internasional pasca pengalihan dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung.

Pengoperasian penuh Bandara Kertajati ini ditandai dengan dua penerbangan perdana yaitu maskapai AirAsia rute Kertajati-Denpasar keberangkatan pukul 08.15 WIB dan penerbangan maskapai Super Air Jet rute Kertajati-Medan keberangkatan pukul 08.30 WIB.

“AP II tengah mengupayakan peningkatan penerbangan umrah di Bandara Kertajati untuk memudahkan masyarakat Jawa Barat,” ujar President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam keterangan resmi, Minggu, 29 Oktober.

Apalagi, sambung Awaluddin, jumlah jemaah umrah di Indonesia pada tahun ini mencapai sekitar 1,5 juta jemaah, dan sebanyak 60 persen atau sekitar 900.000 jemaah dilayani di bandara AP II. Sekitar 80 persen dari 900.000 jemaah itu dilayani di Bandara Soekarno-Hatta.

”Kami mengupayakan agar 30 persen jemaah umrah di Bandara Soekarno-Hatta bisa berpindah ke Bandara Kertajati. Tentunya, jemaah umrah yang berasal dari Jawa Barat. Untuk kemudian, slot yang tersedia di Bandara Soekarno-Hatta bisa dikembangkan lagi untuk penerbangan internasional dan domestik,” tuturnya.

Awaluddin mengatakan AP II juga akan membahas rencana ini dengan maskapai di dalam negeri maupun luar negeri. Adapun Garuda Indonesia dan Lion Air Group juga sudah beberapa kali melayani penerbangan umrah dari Bandara Kertajati.

“Terkait penerbangan haji dan umrah, maka maskapai luar negeri yang akan kami ajak membahas adalah maskapai asal Timur Tengah,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Hilman Latief mengungkap potensi penerbangan haji dan umrah melalui Bandara Kertajati sangat baik dan akan semakin meningkat.

“Jawa Barat merupakan provinsi dengan jemaah haji terbanyak. Untuk itu akan kita optimalkan tahun depan seiring dengan adanya kuota tambahan. Kami juga mengimbau penyelenggara umrah dan calon jemaah umroh turut memanfaatkan  dan meramaikan Bandara Kertajati,” tuturnya.