Ada Pemilu 2024, Bos Telkom Prediksi Konsumsi <i>Mobile Data</i> Naik 10 Persen
Dirut Telkom Ririek (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), Ririek Adriansyah memprediksi konsumsi mobile data akan meningkat selama masa kampanye dan gelaran pesta demokrasi lima tahunan sekali yakni Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ririek mengatakan peningkatan konsumsi mobile data selama Pemilu 2024 diprediksi akan mencapai 10 persen dibandingkan periode normal.

“Estimasi saya tidak akan jauh beda dengan lebaran atau Natal Tahun Baru. Mungkin sekitar, konsumsinya sekitar 10 persen naik,” kata Ririek dalam acara Ngopi Bareng BUMN, di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 26 Oktober.

Lebih lanjut, Ririek menjelaskan kenaikan konsumsi mobile data ini memang biasa terjadi di saat aktivitas masyarakat meningkat dan padat. Contohnya, seperti di hari-hari besar keagamaan nasional.

“Di Pemilu pun juga akan naik. Memang, karena kan banyak aktivitas ya, komunikasi orang-orang, mungkin juga nanti ada event-event kampanye, dan sebagainya, akan terus naik,” jelasnya.

Dilansir dari situs resmi Telkom, pada 2022 lalu, Telkomsel selaku anak usaha Telkom membukukan pendapatan Rp89,04 triliun atau tumbuh 1,8 persen dari periode yang sama tahun lalu. Digital Business menjadi kontributor pertumbuhan kinerja dengan kontribusi sebesar 81,9 persen dari total pendapatan.

Segmen ini tumbuh positif 6,9 persen year on year (YoY) mencapai Rp72,93 triliun dibanding periode yang sama di tahun 2021. Telkomsel melayani 156,8 juta pelanggan dengan data payload yang tumbuh positif hingga 18,7 persen YoY menjadi 16.426.853 TB dan konsumsi payload menyentuh 11.962 MB per pengguna layanan data atau tumbuh 16,1 persen YoY.

Sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan mobile sekaligus memberikan pengalaman digital terbaik bagi pelanggan, Telkomsel juga secara resmi menjadi pemenang lelang frekuensi 2,1GHz dari Kementerian Komunikasi dan Informatika pada November 2022 lalu.

Sementara itu investasi Telkomsel di GoTo juga menghasilkan synergy value yang cukup baik bagi perusahaan, di antaranya integrasi MyTelkomsel dan GoPay untuk meningkatkan user experience penggunaan produk digital, integrasi layanan Telkomsel MyAds serta platform GoBiz untuk membantu digitalisasi UMKM, kemudahan bagi mitra Gojek untuk menjadi mitra reseller Telkomsel, dan lainnya.