Kubu Pontjo Sutowo Bongkar Portal Penutup Akses Masuk Hotel Sultan
Plang Hotel Sultan dibongkar (Foto: Mery Handayani/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - PT Indobuildco milik Pontjo Sutowo melakukan perlawanan dengan membongkar portal yang menghalangi akses masuk ke Hotel Sultan dari arah Jalan Jenderal Sudirman. Tak hanya itu, portal yang dipasang oleh Pusat Pengelola Komplek Gelora Bung Karno (PPKGBK) juga disingkirkan dari area tersebut.

Sekadar informasi, sebelumnya PPKGBK membangun portal untuk menutup akses masuk ke Hotel Sultan pada Selasa, 24 Oktober lalu.

Kuasa Hukum PT Indobuildco Yosef Benediktus mengatakan portal ini dipasang di pintu masuk Jalan Jenderal Sudirman. Padahal, ini adalah akses jalan satu-satunya untuk menuju Hotel Sultan.

Lebih lanjut, Yosef mengatakan kehadiran portal tersebut sangat menggangu aktivitas di Hotel Sultan. Baik karyawan maupun para tamu hotel.

“Pada hari ini, kami terpaksa membongkar portal yang dibuat oleh PPKGBK. Pembuatan portal mengganggu kegiatan di pintu keluar-masuk kawasan Hotel Sultan,” katanya di lokasi pembongkaran portal Hotel Sultan, Jakarta, Kamis, 26 Oktober.

“Tindakan PPKGBK ini melanggar hak hidup, hak berusaha warga negara dan hak asasi manusia,” sambungnya.

Berdasarkan pantuan VOI di lokasi, pihak PT Indobuildco membawa enam orang pekerja untuk membongkar portal besi dengan warna kuning dan hitam tersebut. Beberapa orang terlihat menghancurkan beton dengan palu. Sementara sisanya memindahkan batu yang berada di dekat portal.

Setelah beton berhasil dihancurkan, besi penghalang pun dilepadkan dan dipindahkan ke area belakang. Di bagian besi terdapat tulisan ‘masuk/keluar wajib lapor & tukar identitas’.

Di lokasi yang sama, beberapa satpam juga ditugaskan untuk memindahkan plang besi yang dipasang oleh PPKGBK. Plang dengan warna didominasi merah tersebut bertuliskan ‘Anda Menasuki Tanah GBK Blok 15’. Terlihat di lokasi, setidaknya ada tiga plang yang dipindahkan.