Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang masa uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) hingga pertengahan Oktober 2023. Mulai besok masyarakat bisa menjajal moda transportasi ini secara gratis.

Corporate Secretary KCIC Eva Chairunisa mengatakan pemesanan tiket Kereta Cepat Jakarta Bandung ini sudah bisa dilakukan mulai sore ini.

“Karena hari ini baru peresmian, maka sore nanti ya mungkin setelah kita buka ini bisa digunakan (link-nya) untuk mulai perjalanan per tanggal 3 Oktober,” ucapnya di Stasiun Halim, Jakarta, Senin, 2 Oktober.

Kata Eva, masyarakat bisa memilih perjalanan saat menggunakan kereta cepat meliputi Stasiun Halim, Stasiun Padalarang atau Stasiun Tegalluar. Bagi masyarakat yang ingin ke Kota Bandung, maka bisa menyambung perjalanan dengan kereta api feeder (KA Feeder) dari Stasiun Padalarang.

“Kemudian untuk stasiun Padalarang sendiri ada feeder. Nah, feeder ini juga jamnya akan menyesuaikan dengan jam operasional dari KA Cepat sehingga kita harapkan menghitung dengan perpindahan penumpang, waktu tunggunya tidak terlalu lama,” jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, pemerintah telah memutuskan untuk melanjutkan uji coba gratis Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) untuk masyarakat hingga pertengahan Oktober 2023.

“Uji coba gratis KCJB maka kami bersepakat hingga pertengahan Oktober,” ujarnya dalam acara peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Senin, 2 Oktober.

Luhut menjelaskan, pertimbangan keputusan uji coba gratis ini dilakukan lantaran masih banyak masyarakat yang ingin mengikuti uji coba secara gratis.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, perpanjangan masa uji coba ini agar masyarakat bisa langsung merasakan kereta cepat pertama di Indonesia.

“Masyarakat diajak untuk langsung merasakan sendiri kemanfaatannya Kereta Cepat Jakarta Bandung. Tentunya semua berjalan aman dan nyaman berkat keandalan sistem yang telah teruji,” tuturnya.