Bagikan:

YOGYAKARTA – Pengusaha harus menguasai teknik negosiasi bisnis demi melancarkan semua hal yang berhubungan dengan perkembangan bisnis maupun perusahaan.

Seperti diketahui, negosiasi adalah proses tawar menawar yang dilakukan dengan cara berunding. Dengan melakukan negosiasi pihak-pihak yang bersangkutan dalam bisnis mendapatkan keuntungan.

Teknik Negosiasi Bisnis

Dikutip dari situs Indeed Career Guide, teknik negosiasi mengacu pada bagaimana cara mendiskusikan tawaran antara pihak yang terlibat dalam negosiasi demi mencapai sesuatu yang ditentukan. Negosiasi sendiri berguna di berbagai kesempatan seperti negosiasi gaji, negosiasi penjualan, dan masih banyak lagi.

Saat melakukan negosiasi, Ada beberapa teknik yang ditonjolkan dalam berdiskusi yakni sebagai berikut.

  1. Diskusi tanpa Emosi yang Berlebihan

Saat negosiasi, disarankan untuk mengelola emosi dengan baik. Hal itu dilaukan agar Anda tak mengambil keputusan yang keliru. Seringkali emosi akan mengaburkan hal-hal penting. Jika tak mengelola emosi dengan baik dikhawatirkan keputusan yang diambil justru akan mengantarkan Anda pada kegagalan.

  1. Jadi Pihak yang Dominan dalam Diskusi

Jika Anda berhasil menjadi sosok yang dominan dalam negosiasi, maka arah pembicaraan bisa dikontrol dengan baik. Sebagai contoh, Anda tengah bernegosiasi dengan investor. Jika Anda jadi pihak yang dominan dan berhasil menyajikan data dengan meyakinkan maka kemungkinan besar investor akan percaya dan siap menggelontorkan dana mereka.

  1. Manfaatkan Keheningan saat Diskusi

Saat proses diskusi dan negosiasi, jangan remehkan keheningan. Bahkan, Anda disarankan untuk memanfaatkan kecanggungan yang mungkin terjadi saat pembicaraan jadi hening. Saat momen tersebut, Anda bisa memikirkan dan mempertimbangkan tawaran dari pihak lain. Keheningan bisa dimanfaatkan sebagai cara untuk mengurangi naluri Anda untuk membela diri sendiri sehingga lebih objektif.

  1. Minta Saran

Minta saran kepada pihak lain. Langkah ini mampu mendatangkan banyak manfaat, terutama untuk menemukan solusi atas negosiasi yang buntu. Saran juga jadi teknik negosiasi yang akan memberikan cara pandang baru atas suatu masalah.

Bahkan Anda bisa meminta saran kepada pihak yang terlibat dalam proses negosiasi. Langkah itu berguna untuk mengambil hati mereka sehingga pada akhirnya mereka akan menyetujui tawaran yang disodorkan kepada mereka.

  1. Ajak Arbiter

Melibatkan arbiter bisa jadi salah satu teknik negosiasi yang ampuh. Arbiter adalah seseorang atau perusahaan independen yang berkemampuan untuk menyelesaikan perselisihan. Arbiter mampu memberikan saran yang adil sehingga jalan tengah atas masalah yang terjadi bisa segera tercapai.

  1. Tahu Waktu yang Tepat untuk Kompromi

Demi mencapai hasil yang memuaskan, Anda memang harus mampu kompromi dalam berbagai situasi. Namun, Anda harus tahu kapan kompromi bisa dilakukan dan kapan waktu yang tidak. Langkah ini bisa meminimalisir masalah atau kerugian yang mungkin Anda atau pihak lain terima.

  1. Ulur Waktu

Teknik negosiasi yang cukup membantu adalah dengan mengulur waktu untuk mempertimbangkan sayarat dan ketentuan yang diajukan oleh salah satu pihak. Anda bisa memilikicukup banyak waktu untuk mempertimbangkan tawaran dari pihak lain sehingga keputusan yang tepat bisa diambil.

Itulah informasi terkait teknik negosiasi bisnis. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.