5 Strategi Bisnis Hewan Kurban untuk Pemula, Pasti Cuan!
Ilustrasi hewan kurban (Foto: Pixabay/wiethase)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Salah satu bisnis musiman yang banyak dilakukan orang menjelang Hari Raya Iduladha adalah jualan hewan kurban. Pada momen ini, penjualan hewan ternak seperti kambing atau domba dan sapi meningkat karena ada penyembelihan hewan kurban. Nah, bagi Anda yang ingin mendapatkan cuan dari berjualan hewan ternak kambing dan sapi, perhatikan strategi bisnis hewan kurban berikut ini.

Strategi Bisnis Hewan Kurban

Dirangkum dari berbagai sumber, Senin, 12 Juni 2023, berikut strategi bisnis hewan kurban agar dapat untung maksimal:

  1. Tentukan modal usaha dan jenis hewan kurban

Strategi bisnis hewan kurban yang pertama adalah, menentukan jenis hewan kurban yang akan dijual dengan modal yang dimiliki. Apabila modal usaha besar, Anda bisa berjualan semua hewan kurban.

Akan tetapi, jika moda usaha Anda terbatas, hewan ternak yang bisa dibisniskan menjelang Hari Raya Iduladha hanyalah kambing saja.

  1. Pilih tempat berjualan yang strategis

Saat menjual hewan kurban, Anda sebaiknya membuka lapak di tempat-tempat yang strategis, seperti pinggir jalan yang ramai atau mungkin dekat dengan tempat ibadah. Lokasi yang strategis akan memudahkan calon konsumen untuk menjangkau lokasi bisnis Anda.

  1. Sediakan kandang dan pakan

Jika sudah menemukan lokasi bisnis yang strategis, langkah selanjutnya adalah menyediakan tempat untuk kandang dan pakan.

Ada banyak sekali aspek yang harus Anda perhatikan dalam membuat kandang hewan kurban. Misalnya, memastikan kandang benar-benar melindungi hewan, kandang dekat dengan air bersih dan sumber pakan, dan pembuangan limbah mudah dilakukan.

Selain itu, Anda juga harus memerhatikan pakan yang digunakan untuk hewan kurban. Gunakanlah pakan yang berkualitas dengan kandungan nutrisi seimbang supaya hewan kurban tetap sehat dan gemuk sampai laku terjual.

  1. Gunakan teknik berjualan langsung

Saat menjalankan bisnis hewan kurban, hal yang paling penting adalah teknik berjualan. Terkait hal ini, Anda bisa menggunakan teknik pendekatan efektif secara langsung.

Misalnya, menawarkan hewan kurban kepada orang terdekat, seperti sanak saudara, kerabat, teman atau pihak lain yang berpotensi untuk membeli hewan kurban Anda.

Teknik ini dianggap efektif, sebab Anda menawarkan hewan kurban kepada orang yang membutuhkan.

  1. Lakukan promosi online

Selain membuka lapak di tempat yang strategis (offline), Anda juga bisa menawarkan hewan kurban secara online.

Maksimalkan semua media promosi promosi yang gratis alias tidak membutuhkan dana besar. Anda juga bisa memasarkannya di situs jual beli online yang kini sudah banyak bermunculan.

Demikian informasi tentang strategi bisnis hewan kurban untuk pemula. Semoga bisnis hewan kurban milik Anda berjalan sukses! Baca terus VOI.ID untu mendapatkan artikel menarik lainnya.