Bagikan:

YOGYAKARTA – Jika Anda adalah pengguna layanan perbankan, maka harus tahu pentingnya pengkinian data nasabah. Pengkinian data juga harus dilakukan oleh pihak perbankan dengan melakukan verifikasi data nasabah. Lalu seberapa penting pengkinian data nasabah sebenarnya?

Seberapa Penting Pengkinian Data Nasabah

Secara umum pengkinian data nasabah adalah pembaharuan yang dilakukan pihak penyedia jasa keuangan atas data pribadi nasabah mereka. Pengkinian data tak hanya dilakukan oleh pihak perbankan, namun penyedia layanan keuangan lain seperti penyedia asuransi.

Pengkinian data nasabah harus dilakukan oleh pelayanan jasa keuangan dengan cara melakukan verifikasi data nasabah terbaru. Hal tersebut sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 8 Tahun 2023 tentang Penerapan Program Anti Pencucian Uang, Pencegahan Pendanaan Terorisme, dan Pencegahan Proliferasi Senjata Pemusnah Massal di Sektor Jasa Keuangan.

Biasanya pengkinian data nasabah dilakukan dengan memperbarui data diri dengan mengisi formulir yang di dalamnya terdapat kolom yang meminta nama, alamat email, nomor telepon, dan sebagainya. Data-data tersebut harus aktif dan paling baru.

Manfaat Pengkinian Data Nasabah

Dikutip dari berbagai sumber, pengkinian data nasabah memiliki manfaat dan akan dirasakan oleh nasabah itu sendiri. Manfaat yang akan didapatkan adalah sebagai berikut.

  1. Keamanan Transaksi Makin Terjaga

Di era digital seperti ini, transaksi keuangan dilakukan secara digital. Untuk menjaga keamanan transaksi maka harus dilakukan pengkinian data untuk memperkecil peluang adanya kejahatan siber yang mengincar uang nasabah.

  1. Proses Verifikasi Lebih Mudah

Saat nasabah membutuhkan layanan tertentu yang mengharuskan perbankan melakukan verifikasi data pribadi, maka pihak perbankan bisa segera memproses permintaan tanpa harus melakukan proses verifikasi ulang.

  1. Peningkatan Layanan Nasabah

Pengkinian data nasabah bertujuan untuk meningkatkan layanan nasabah sehingga nasabah mendapatkan kepuasan layanan keuangan secara maksimal.

Akibat Tak Melakukan Pengkinian Data

Sangat disarankan untuk melakukan pengkinian data agar bank memiliki data terbaru nasabah, sehingga dapat dilakukan identifikasi kesesuaian data antara profik dan data transaksi. Langkah tersebut tak bisa dilakukan jika nasabah tak melakukan pengkinian data.

Jika nasabah tak melakukan pengkinian data, maka keamanan finansial akan lebih rentan dicuri mencakup data pribadi dan keuangan nasabah.

Sebagai contoh, Nasabah A terpaksa ganti ponsel karena ponsel yang dimiliki sebelumnya hilang beserta nomornya. Jika tak melakukan pengkinian data, kemungkinan akun mobile banking/kartu debit/kartu kredit yang tersimpan di ponsel lama makin rentan disalahgunakan oleh orang asing.

Saat kondisi tersebut terjadi, dan Nasabah A mengajukan laporan ke pihak penyedia layanan keuangan, maka aduan akan diproses dengan waktu yang relatif lama karena harus melalui proses verifikasi data terbaru lebih dulu karena data nasabah yang lama berpotensi tidak valid serta memicu masalah lainnya.

Cara melakukan pengkinian data di perbankan sangat mudah, bisa dengan mendatangi kantor bank terdekat atau melalui aplikasi resmi yang disediakan pihak bank. Nasabah juga bisa menghubungi call center yang siap membantu nasabah 24 jam.

Itulah informasi terkait seberapa penting pengkinian data nasabah. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.