Bagikan:

JAKARTA - Pergerakan UMKM dan Usaha Mikro makin ramai. Kondisini ini membuat PT. Pegadaian (Persero) optimistis dapat mewujudkan UMKM dan Ultra Mikro yang tangguh di tanah air. Hal itu tentunya harus didukung oleh masyarakat, khususnya para pelaku UMKM.

"Semangat berjuang masyarakat tetap ada, UMKM yang berjualan semakin ramai, ada pelaku UMKM yang klimis, cantik-cantik, UMKM yang dadakan," kata Sekretaris Perusahaan PT Pegadaian (Persero), Yudi Sadono dalam diskusi yang bertemakan 'Mendorong Penguatan UMKM dan Ultra Mikro' di Hotel Sultan Jakarta, 30 Agustus.

Saat ini, Pegadaian juga fokus memberikan pelatihan kepada nasabah sebagai wujud kepedulian. Salah satunya pelatihan itu diberikan melalui workshop. "Jadi Pegadaian bukan hanya memberikan pinjaman saja kepada nasabah. Sesuai dengan tema kegiatan diskusi ini," tukas Yudi.

Dalam perjalanannya, sebanyak 100 ribu agen Pegadaian juga telah terbentuk untuk melakukan penjangkauan kepada nasabah lainnya.

"Pegadaian memberikan program produk pemerintah melalui KUR. Tentunya sesuai kemampuan dan kapabilitas nasabah. Pegadaian pun telah meningkatkan performanya dengan digitalisasi, membuka akses pasar media digitalisasi bekerjasama dengan e-commerce," jelasnya.

Diharapkannya, program UMKM dapat terus didengungkan secara luas dan terus menerus di masyarakat, sehingga terus mengalami peningkatan dan kemajuan. "(Sehingga) kemampuan jiwa entrepreneur masyarakat dapat semakin luas lagi," tutup Yudi.

Benteng Pertahahan Ekonomi

Sekretaris Jenderal (Sekjen) FPRMI, Muhamad Solihin mengatakan, kegiatan diskusi tersebut bertujuan agar UMKM mampu menjadi penopang laju ekonomi masyarakat. Sekaligus juga menjadi benteng pertahanan ekonomi negara.

"Sama halnya dengan UMKM, kami berjuang membentuk forum ini, forum yang ingin mengambil peran, membangun bangsa," tutur Solihin dalam kesempatan sama.

Sekadar diketahui, Forum Pimpinan Redaksi Multimedia Indonesia atau FPMRI merupakan suatu forum tempat berkumpulnya para pimpinan redaksi multimedia online. Ingin memberi sumbangsih pemikiran, dan menggaungkan gagasan yang dinilai penting dan perlu diketahui masyarakat luas.

"Dengan digelarnya acara ini, kami ingin menunjukkan bahwa kebijakan yang menyangkut hajat hidup orang banyak, perlu mendapat tempat, penting untuk khalayak mendapatkan hak informasi, sehingga asas kebermanfaatannya bisa tepat sasaran," pungkas Solihin.

Acara tersebut terselenggara berkat dukungan dari BRI, Pegadaian, PNM (Permodalan Nasional Madani), Electronic City, eci.id, Yayasan Wings Peduli dan The Sultan Hotel & Residence, Jakarta.