Pemerintah Janji Penuhi Semua Rekomendasi BPK di Pertanggungjawaban APBN 2022
Ilustrasi (Foto: Dok. Kemenkeu)

Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menegaskan bahwa pemerintah telah menindaklanjuti rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas APBN 2022 dan berkomitmen menyelesaikan hal tersebut. Menurut Menkeu, BPK menyematkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada kinerja instrumen fiskal tahun lalu.

“Kami sampaikan bahwa pemerintah telah menindaklanjuti dan terus berkomitmen menyelesaikan semua rekomendasi BPK,” ujarnya dalam Rapat Paripurna DPR atas Rancangan Undang-Undang tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2022 di Jakarta, Selasa, 29 Agustus.

Menkeu menjelaskan, pemerintah menyusun dan menyampaikan action plan yang rinci dan terukur atas seluruh rekomendasi BPK.

“Pemerintah juga melakukan monitoring penyelesaian tindak lanjut dan melaporkan progres penyelesaiannya secara berkala kepada BPK,” tuturnya.

Bendahara negara juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh fraksi di DPR. Dengan kerja keras Pemerintah bersama DPR dalam masa pandemi, opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat berhasil dipertahankan selama 7 tahun berturut-turut sejak 2016.

“Kondisi-kondisi yang sangat tidak biasa, luar biasa, tidak menjadi alasan untuk laporan pemerintah di bidang keuangan negara menjadi menurun kualitasnya. Capaian ini tidak terlepas dari sinergi yang sangat baik dari pemerintah baik pusat dan daerah dan DPR RI serta seluruh lapisan masyarakat,” tutup Menkeu Sri Mulyani.