Surveyor Indonesia Sebut Dividen ke Negara Bakal Naik Tiga Kali Lipat di 2023
Ilustrasi Rupiah (Foto: dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - PT Surveyor Indonesia (Persero) memasang target dividen yang dikontribusikan ke negara akan mencapai Rp44 miliar untuk tahun buku 2023. Jumlah tersebut naik tiga kali lipat jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Direktur Utama Surveyor Indonesia, M. Haris Witjaksono mengaku optimistis target dividen yang disetorkan ke negara bisa direalisasikan, seiring dengan kinerja keuangan perusahaan yang juga membaik.

“Dividen kita tahun ini, khususnya yang ke pemerintah, kurang lebih Rp44 miliar, naik signifikan sekali dibanding tahun lalu hampir tiga kali lipat,” ujar Haris dalam acara Media Gathering, di Graha Surveyor Indonesia, Jakarta, Senin, 31 Juli.

Sementara untuk dividen yang dibagikan Surveyor Indonesia ke ID Survey selaku Holding BUMN Jasa Survey, kata Haris, jumlahnya senilai Rp55 miliar.

“Kalau ke holding (ID Survey) kita Rp 55 miliar dan bagian dari Rp44 miliar kepada pemerintah,“ tuturnya.

Sekadar informasi, total dividen yang dikontribusikan BUMN mencapai Rp80,2 triliun pada 2023. Setoran itu diberikan perusahaan pelat merah dengan status terbuka (Tbk) dan tertutup (Persero) untuk tahun buku 2022.

“Alhamdulillah saya tadi sampaikan, kemarin juga di ratas ada bapak Presiden, ada bu Sri Mulyani, bagaimana dividen BUMN tahun ini, hasil kerja tahun kemarin ini terbesar sepanjang sejarah Rp 80,2 triliun,” kata Erick Thohir.

Lebih lanjut, Erick Thohir mengatakan bahwa pembagian dividen tersebut bertujuan untuk mendorong program-program kerakyatan. Sebagian besar alokasi APBN memang digunakan untuk menjalankan program bantuan sosial (bansos) dan bentuk bantuan lainnya.

“Untuk apa? Program-program yang mendorong daripada tentu kerakyatan dari program pemerintah seperti bansos dan lain-lain,” tutur Ketum PSSI tersebut.

Erick Thohir juga menyampaikan bahwa besaran sumbangan dari perusahaan BUMN menjadi bukti bahwa kinerja BUMN sudah semakin sehat. Oleh karena itu kesehatan BUMN perlu dipertahankan supaya bisa konsisten berkontribusi bagi negara.