Perkuat Hilirisasi Komoditas Udang di Kebumen, Begini Upaya KKP
Ilustrasi komoditas udang (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terus memperkuat hilirisasi produk perikanan di wilayah Kebumen, Jawa Tengah, melalui penumbuhan wirausaha dan UMKM pengolahan diversifikasi produk udang.

"Kegiatan ini menjadi titik awal membangun ekosistem usaha udang terintegrasi hulu dan hilir antara pelaku usaha, lembaga keuangan, serta mitra lainnya, agar menjadi motor penggerak ekonomi di daerah," ujar Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo dalam siaran pers, dikutip Kamis, 20 Juli.

Melalui rangkaian kegiatan ini, Budi juga mengajak perangkat daerah untuk terus menyosialisasikan perizinan dan sertifikasi usaha bisa dipercepat. Dia menyontohkan hadirnya gerai pelayanan usaha yang juga melayani akses permodalan.

"Dukungan dari dinas dalam hal ini juga sangat diperlukan, agar upaya untuk mendorong UMKM kelautan dan perikanan naik kelas dapat kami wujudkan," kata dia.

Lebih lanjut, Budi menyebut, beberapa rangkaian kegiatan yang diawali dengan bimbingan teknis Asisten Pengolah Ikan bagi siswa kelas XII dan alumni SMKN 1 Puring jurusan Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan. Kegiatan yang diikuti oleh 80 peserta ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi generasi muda dalam mengolah ikan, khususnya udang.

"Kemudian gerai pelayanan terpadu terkait fasilitasi akses pembiayaan, perizinan berusaha, sertifikasi kelayakan pengolahan yang diikuti lebih dari 100 pelaku usaha," ucapnya.

Selain itu, dilaksanakan pula kegiatan Training of Trainer (ToT) pengembangan produk bernilai tambah. Kemudian, ada kegiatan pembinaan kelembagaan agar pelaku usaha dapat membentuk koperasi, salah satunya dalam rangka memudahkan akses terhadap pembiayaan.

"Kami tentu berharap jumlah UMKM yang berusaha di bidang pengolahan, khususnya udang dapat terus tumbuh dan berkembang, apalagi Kebumen ini menjadi salah satu sentra penghasil udang di masa depan," pungkas Budi.

Sebelumnya, Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono mengatakan pentingnya hilirisasi komoditas kelautan dan perikanan. Menteri Trenggono juga meminta jajaran Ditjen PDSPKP agar terus memperkuat upaya penumbuhan wirausaha kelautan dan perikanan melalui UMKM maupun industri pengolahan.