Bagikan:

JAKARTA - Bank Mandiri menggelar ESG Festival secara hybrid sebagai realisasi komitmen dalam mencapai Net Zero Emissions (NZE) Operasional di 2030, emisi pembiayaan di 2060, dan memberdayakan digipreneurship dengan mengedepankan prinsip-prinsip Environment, Social and Governance (ESG), belum lama ini.

"Sebagai First Movers on Sustainable Banking di Indonesia, perseroan berharap mendapatkan dukungan seluruh stakeholder untuk menjadi Indonesia’s Sustainability Champion for Better Future," kata Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu, 12 Juli.

Dalam mengimplementasikan prinsip-prinsip ESG, Bank Mandiri menerapkan tiga pilar utama. Pertama, dituangkan pada pilar sustainable operation dengan melakukan berbagai inisiatif dan produk berkelanjutan.

Terkait hal tersebut, Bank Mandiri merilis digital carbon tracking, kartu debit dan kartu prabayar E-Money dari bahan PVC daur ulang, cardless credit card (kartu kredit tanpa kartu fisik), dan carbon insetting melalui restorasi lahan.

Bank Mandiri juga berkolaborasi dengan perusahaan anak, Mandiri Tunas Finance dan Mandiri Utama Finance dalam menciptakan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV melalui fitur EV di Livin’ Sukha dan promosi EV di Livin’ dan Kopra hingga Agustus 2023.

"Inisiatif ini sekaligus menjadikan Bank Mandiri sebagai bank pertama yang memiliki digital carbon tracking, serta menerbitkan kartu debit dan kartu prabayar E-Money dari bahan plastik PVC daur ulang," ujar Darmawan.

Kedua, pilar Sustainable Banking dengan fokus mengakselerasi Indonesia’s Green Economy melalui pengembangan pembiayaan dan produk keuangan berkelanjutan. Bank Mandiri sendiri telah menerbitkan Sustainability Bond 2021, Green Bond 2023, ESG Repo.

Kemudian, penyaluran green loan dan sustainability linked loan, peluncuran produk reksadana berbasis ESG oleh Mandiri Investasi (Mandiri Group) dan dipasarkan pada Livin’ Investasi sejak 2021.

Untuk pilar ketiga atau terakhir ialah sustainable beyond banking, yang mana Bank Mandiri berupaya membangun serta menanamkan ESG awareness, baik untuk internal (pegawai Bank Mandiri), nasabah, maupun seluruh pemangku kepentingan agar bersama-sama menyukseskan pencapaian NZE 2060.

Sekadar informasi, Mandiri ESG Festival merupakan penyampaian komitmen, aksi, serta rencana Bank Mandiri dalam menerapkan prinsip-prinsip ESG.

Kegiatan tersebut melibatkan ribuan peserta, mulai dari para pemangku kepentingan, regulator, dunia usaha, nasabah, hingga Mandirian (karyawan Bank Mandiri).