Apa Itu Angel Investor? Ini Pengertian dan Asal Keberadaannya
Ilustrasi angel investor (Unsplash)

Bagikan:

YOGYAKARYA – Tahukah Anda bahwa dalam dunia bisnis dikenal istilah angel investor? Istilah ini merujuk pada investor yang siap membiayai sebuah bisnis. Untuk memahami lebih jauh, artikel berikut ini akan memberikan gambaran untuk Anda.

Apa Itu Angel Investor?

Istilah angel investor berasal dari bahasa Inggris yang jika diterjemahkan secara kasar berarti innvestor malaikat.

Dikutip dari Forbes, angle investor adalah investor individu yang menawarkan pendanaan kepada bisnis startup yang memiliki prospek besar. Dalam menggelontorkan dananya, seorang angel investor biasanya meminta imbalan bisa berupa ekuitas kepemilikan atau royalti. Biasanya angel investor justru tidak datang dari perusahaan besar yang terakreditasi, namun berasal dari orang terdekat pelaku bisnis, bisa kerabat atau teman si pengusaha.

Angel investor berbeda dengan venture capital. Pasalnya, angel investor biasanya akan berinvestasi kepada sebuah perusahaan berupa dana sebanyak satu kali hanya untuk melalui masa sulit perusahaan tersebut. Tujuan angel investor juga bermacam-macam, bisa hanya sekadar mengembangkan startup di periode awal atau bisa pula saat bisnis baru berbentuk ide. Kadang kala angel investor tidak murni mengejar keuntungan.

Asal Angel Investor

Seperti disebutkan sebelumnya, angel investor biasanya tidak berasal dari grup besar yang terakreditasi. Asal angel investor biasanya datang dari bermacam-macam latar belakang yakni sebagai berikut.

  1. Orang Terdekat

Orang terdekat bisa berupa saudara, sahabat, atau teman. Mereka lebih memahami kondisi pengusaha yang sedang merintis dibanding perusahaan pembiayaan terakreditasi. Oleh karenanya, pembiayaan biasanya muncul dari mereka.

  1. Orang Kaya

Angel investor juga bisa datang dari orang kaya yang memiliki harta kekayaan yang sangat besar. Mereka biasanya menaruh minat terhadap perusahaan kecil. Biasanya para pengusaha menjumpai angel investor jenis ini dari berbagai macam jalan mulai dari seminar hingga media sosial.

  1. Jaringan Komunitas

Ada pula angel investor yang tergabung dalam sebuah komunitas. Mereka akan mencari wirausaha kecil untuk mendapat pendanaan tertentu. Namun, pengusaha harus tetap bersikap profesional dalam menjalankan bisnisnya.

Itulah informasi tentang apa itu angel investor. Kunjungi VOI.ID untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.