Bagikan:

JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani hari ini membagikan video sekompleks bangunan bergaya Eropa Klasik abad pertengahan melalui laman media sosial pribadinya. Dalam rekam digital itu, bendahara negara menginformasikan bahwa lokasi properti yang dimaksud berada di Jawa Tengah.

“Ini bukan di Belanda. Ini Little Netherland, julukan untuk Kawasan Kota Lama Semarang. Ada yang pernah ke sana?” katanya di @smindrawati pada Senin, 10 Juli.

Menkeu bercerita, dulu Semarang merupakan pusat perdagangan dan ekonomi pada abad 19-20. Banyak peninggalan bangunan masa kolonial Belanda, khususnya di kawasan Kota Lama Semarang.

Usut punya usut, alasannya mengunggah video tersebut adalah untuk memberikan penjelasan kepada masyarakat soal keberadaan sejumlah aset penting yang kini telah dikuasai negara.

“Kawasan ini merupakan salah satu aset negara yang penataan kawasannya berasal dari dana APBN. Tujuannya tentu agar dapat memberi kenyamanan kepada wisatawan ketika berkunjung,” tutur dia.

Menkeu mengungkapkan jika instrumen fiskal memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga aset tersebut dan juga semua yang dimiliki pemerintah.

“Barang Milik Negara (BMN) hasil penataan kawasan ini telah dihibahkan kepada Pemerintah Kota Semarang untuk dikelola dengan optimal. Semoga bermanfaat untuk masyarakat Semarang, Jawa Tengah dan Indonesia. Jakarta, 10 Juli 2023,” tutup dia.