RMKE Berhasil Jual 1 Juta MT Batu Bara hingga Mei
Ilustrasi Batu Bara (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Hingga Mei 2023, PT RMK Energy Tbk (RMKE IJ) berhasil membukukan penjualan batu bara sebesar 1 juta metrik ton (MT)

Direktur Utama Perseroan, Tony Saputra mengatakan dirinya optimis kinerja segmen penjualan batu bara tahun ini masih akan tumbuh dengan volume penjualan batu bara yang terus meningkat mengalahkan efek normalisasi harga batubara.

"Kinerja segmen penjualan batu bara ini juga ditopang oleh pertumbuhan produksi in-house, PT Truba Bara Banyu Enim (TBBE) yang memproduksi 511,8K MT batu bara, meningkat sebesar 28,5 persen YoY sejak beroperasi pada Februari tahun lalu," ujar Tony kepada media, Selasa 20 Juni.

Ia menambahkan, produksi batu bara in-house berkontribusi sebesar 51,2 persen total volume penjualan batu bara.

Menurutnya, peningkatan kontribusi penjualan batu bara in-house ini juga menjadi indikator efisiensi yang efektif dengan biaya produksi yang lebih rendah melalui afiliasi kontraktor tambang in-house.

Lebih jauh ia mengatakan, hingga periode Mei 2023, RMKE berhasil membongkar 1.970 train set dengan kapasitas 5,2 juta MT batu bara, atau tumbuh sebesar 19,7 persen YoY dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Perseroan juga berhasil memuat 473 tongkang dengan kapasitas 3,7 juta MT batu bara, atau tumbuh signifikan sebesar 36,2 persen YoY.

Peningkatan bongkar dan muat batu bara ini tidak terlepas dari ketepatan waktu bongkar kereta yang lebih cepat 38 menit menjadi 03:21 jam per train set dibandingkan periode yang sama tahun lalu selama 04:00 jam.

Kemudian penggunaan bahan bakar meningkat sebesar 26,8 persen YoY seiring dengan peningkatan volume jasa batu bara, namun rasio penggunaan bahan bakar per MT batu bara menjadi lebih efisien dari 0,92 liter per ton tahun lalu menjadi 0,86 liter per ton pada tahun ini.

"Pada tahun 2022, Direksi memiliki fokus strategis dalam menjalankan operasional dengan beroperasinya tambang in-house PT Truba Bara Banyu Enim, stasiun muat Gunung Megang milik Perseroan, serta Container Yard (CY) 3B Stasiun Simpang milik Perseroan. Pencapaian kinerja baik tahun 2022 memberikan stimulus semangat untuk terus optimis mewujudkan pengembangan usaha secara lebih kuat dan berkelanjutan," pungkas Tony.