Kemenperin: PIDI 4.0 Dukung Percepatan Transformasi Ekosistem Digital
Pekerja menyelesaikan pembangunan gedung Knowledge Hub di kawasan Digital Hub BSD City Serpong, Tangerang, Banten, Kamis (30/3/2023). ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/rwa

Bagikan:

JAKARTA - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) menyelenggarakan Rapat Koordinasi Penajaman Program dan Kegiatan 2023 di Gedung PIDI 4.0, Jakarta. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan target dan sasaran dalam peta jalan Making Indonesia 4.0.

Beberapa hal yang dibahas dalam kegiatan tersebut, di antaranya evaluasi implementasi program dan kegiatan selama tahun berjalan untuk mendukung output serta key performance indicator (KPI) PIDI 4.0. 

"Ke depan, kami tidak hanya cukup menghasilkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten saja, namun bagaimana mampu menciptakan SDM yang sudah tidak gagap dengan transformasi teknologi industri 4.0. Oleh karenanya, PIDI 4.0 dapat menjadi jembatan untuk mengakselerasi transformasi digital tersebut," ujar Kepala BPSDMI Kemenperin Masrokhan dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 1 Juni.

Tercatat, lebih dari 20 kegiatan dalam bentuk exhibition, conference, seminar workshop yang telah dilaksanakan oleh PIDI 4.0 bersama industri mitra, yakni Advantage Software & Cybersecurity Implementation to Support Digital Transformation Journey for Industry, Microcontroller Arduino, Big Data Analyst, dan Blockchain Technology seminar.

Kegiatan lainnya yang telah dilaksanakan, antara lain diskusi dalam rangka penajaman program dan kegiatan mendatang di 2023. PIDI 4.0 juga mendorong mitra untuk ikut berpartisipasi dan berkontribusi dalam perhelatan besar nasional, seperti Seminar Journey To 5G Smart City, Seminar National & Global Light House, serta Transformation Awareness Program.

Sementara itu, Kepala Pusdiklat SDM Industri Kemenperin Arnes Lukman mengatakan, pertemuan Koordinasi ini dilaksanakan secara luring dengan total peserta dari 25 perusahaan yang bergerak di industri manufaktur.

"Para peserta rapat yang termasuk dalam kategori technology 4.0 user, di antaranya PT Indolakto dan PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia. Sedangkan, industri mitra yang termasuk ke dalam kategori technology provider, yakni PT Telkomsel, PT Jababeka Infrastruktur, PT NEC Indonesia, PT AWASIN, PT Aldik, dan PT TSM," ungkapnya.

Tidak kalah pentingnya, pertemuan tersebut juga diikuti oleh beberapa startup lokal, yaitu PT Bogortech Pratama Internusa, PT Widya Robotics, PT Lanius Inovasi Indonesia, PT UMG Idea Lab, PT MSMB, dan PT SSD.

Salah satu kontribusi nyata dari mitra PIDI 4.0 adalah layanan showcase center PIDI 4.0 dari Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). 

Fasilitas tersebut telah menerima sekitar 500 kunjungan sejak diresmikan pada awal 2023. Showcase yang dibangun oleh TMMIN akan dimanfaatkan untuk training dan untuk konsultasi terkait transformasi industri.

Dalam rangka penguatan ekosistem industri 4.0, PT TSM, NEC Indonesia, dan PT Festo bersama PIDI 4.0 juga telah berkontribusi dalam beberapa exhibition tingkat nasional dan global, seperti Festival Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) 2023 dan Hannover Messe 2023 di Jerman. 

Arnes mengatakan, Kemenperin memberikan apresiasi kepada para industri mitra PIDI 4.0 yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan kegiatan kolaboratif yang dilaksanakan selama dua tahun terakhir sejak diresmikannya gedung PIDI 4.0 oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian pada 2 Desember 2021.  

"Untuk memperkuat peran PIDI 4.0 maka perlu dilakukan audiensi dengan industri manufaktur atau asosiasi industri per sektor untuk mengidentifikasi pain point dan kebutuhan industri dalam melakukan transformasi digital," imbuhnya.